Disdikbud Jombang Lakukan Pembukaan Eskavasi Situs Pandegong Tahap IV

0
97 views
Bagikan :

JOMBANG, TelusuR.ID     –     Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, Senen S.Sos, menghadiri kegiatan pembukaan ekskavasi tahap IV di situs Pandegong, Dusun Kwasen, Desa Menganto, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Kamis (16/02/2023).

Didampangi Sekretaris Disdikbud Jombang Bambang Rudy TJ dan Kepala Bidang Kebudayaan Dian Yunitasari, kegiatan pembukaan dilakukan di area situs diawali dengan doa bersama dan dilanjutkan penggalian secara simbolis oleh pejabat yang hadir.

Kegiatan simbolik penggalian tanah oleh para Pejabat pada situs Pandegong, Mojowarno, Jombang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Senen S.Soe, menjelaskan ekskavasi tahap empat yang berlangsung hingga 26 Pebruari 2023 itu untuk menampakkan struktur utuh perwara atau bangunan candi pengiring situs utama candi Pandegong yang diperkirakan dibangun pada abad ke-10 Masehi.

“Setelah strukturnya berhasil dibuka secara keseluruhan pada 2021 dan 2022 kemarin, situs candi Pandegong ini akan kembali di ekskavasi tim BPCB Jawa Timur pada hari Jumat besok (17/02/2023), “tegasnya.

Seperti diketahui, ekskavasi terhadap candi Pandegong kali ini adalah tahap ke empat, menyusul ekskavasi tahap satu, tahap dua dan tahap tiga yang berlangsung pada 2021 dan 2022 lalu.

Ekskavasi candi Pandegong Tahap IV dilakukan untuk membuka material tanah yang masih menutupi sebagian candi perwara, terutama disisi bagian depan sebelah utara.

Tinggalkan Balasan