Kesbangpol Jombang : Sosialisasi Dan Wawasan Kebangsaan Bagi Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kabupaten Jombang

Bagikan :

JOMBANG, TelusuR.ID – Berdasarkan Permendagri nomor 71 tahun 2012 tentang Pedoman Wawasan Kebangsaan dengan dasar tersebut maka dibentuklah kepengurusan ini. Hal ini dilaksanakan bersama-sama untuk mencapai keputusan bersama, kegiatan pembentukan pendidikan, wawasan kebangsaan ini berdasarkan Permendagri no 71 tahun 2012 tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Bangsa, dalam Permendagri No.71 tahun 2012 ini pemerintah wajib melaksanakan kegiatan pendidikan wawasan kebangsaan.

Wawasan kebangsaan ialah cara pandang kita tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia dan pada kegiatan inilah akan membentuk kepengurusannya, Pendidikan Wawasan Kebangsaan ini bertujuan untuk mengembangkan dan melaksanakan nilai kebangsaan guna kesadaran berbangsa dan bernegara. Materi Pendidikan Wawasan Kebangsaan meliputi, Pancasila, UUD RI tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pembentukan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) sebagai langkah Pemerintah dengan tujuan menambah ilmu pengetahuan tentang kebangsaan dan membangun NKRI, serta meningkatkan rasa nasionalisme, selain itu juga sebagai langkah antisipasi masuknya pemikiran pemikiran radikal yang bertentangan dengan ideologi Pancasila di Kabupaten Jombang.

Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan Kabupaten Jombang dibina oleh Bupati Jombang serta dipimpin oleh Bapak Sekretaris Daerah terus berupaya meningkatkan wawasan kebangsaan di berbagai kalangan yang ada di Kabupaten adapun salah satu kegiatan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan adalah telah terselenggaranya Pendidikan Wawasan Kebangsaan Bagi Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kabupaten Jombang pada tanggal 13 Juni 2022.

Drs. PURWANTO, MKP (Asisten Umum Setdakab Jombang) dan Drs. ANWAR, MKP (Kepala Bakesbangpol Jombang) pada sesi tanya jawab Pendidikan Wawasan Kebangsaan Bagi Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kabupaten Jombang

Kegiatan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan Kabupaten juga menjalin perjanjian kerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi / Sekolah Tinggi untuk meningkatkan pemahaman tentang Wawasan Kebangsaan dengan salah bentuk kegiatan menjadi pemateri wawasan kebangsaan bagi mahasiswa baru di masing-masing kampus.

Materi Wawasan Kebangsaan pada Mahasiswa Baru Universitas Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang oleh Pemateri dari Pengurus PPWK Kabupaten Jombang

Tak lupa Bapak Sekretaris Daerah melalui Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Kabupaten Jombang untuk meningkatkan koordinasi dengan jajaran Pengurus Pusat Wawasan Kebangsaan yang lain, maka pada tanggal 07 Desember 2022 dilaksanakan Rapat Koordinasi Tim PPWK Kabupaten Jombang dan terdapat beberapa kesepakatan (1) Penyusunan Program Kerja Tim PPWK supaya diadakan lebih awal tahun (2) Bentuk dan model sosialisasi PPWK perlu disesuaikan dengan perkembangan zaman (3) Bahan sosialisasi supaya disusun dan disebarluaskan ke lembaga pendidikan untuk dijadikan bahan diskusi sehingga jika sosialisasi berlangsung dapat berjalan lancar.

Menutup acara Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik memerintahkan “Seluruh hasil keputusan rapat ini supaya bisa dilaksanakan dengan mempedomani Permendagri no 71 tahun 2012 tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Bangsa”. Pungkasnya.


Drs. FAHRUDIN WIDODO, M.Si (Staf Ahli Bidang Keuangan, Ekonomi dan Pembangunan) dan Drs. ANWAR, MKP saat memimpin rakor evaluasi Pengurus PPWK di Tahun 2022.

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan