Mensos Risma Tiba-Tiba Turun dari Mobil, Temui Anak Jalanan di Sela Kunjungan Kerja di Kota Santri.

0
212 views
Bagikan :

JOMBANG, TelusuR.ID – Mobil Alphard Nopol RI-29 yang ditumpangi Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini saat melakukan kunjungan kerja di Kota Santri Jombang tiba-tiba melambat dan menepi di pinggir jalan.

Mensos Risma kemudian turun dari mobil untuk menemui anak jalanan (Anjal) yang sedang asik nongkrong tidur-tiduran di depan sebuah toko di Jalan Raya Desa Gambiran, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang. Minggu, 06/02/2022.

Risma kemudian menghampiri mereka dan menanyai sejumlah anjal. Seorang dari mereka mengaku bahwa menggelandang di emperan toko beserta istri. Apalagi usia keduanya masih sangat muda. Pasangan muda ini mengaku berasal dari Sragen, Jawa Tengah.

“Ini istrimu? Istrimu kau ajak menggelandang ini gimana? Habis ini pulang, kerja, saya ajari kerja. Buka kafe-kafe gitu, masak tidak bisa kamu. Masak kamu mau kayak gini terus. Balik sana, balik ke orangtua. Nanti tak cari beneran,” kata mantan Wali Kota Surabaya ini di hadapan delapan anjal.

Satu kelompok anjal tersebut berjumlah 8 orang. Mereka berasal dari berbagai kota. Ada yang dari Malang, Semarang, Demak dan Sragen. Para remaja ini hanya menundukkan kepala saat Risma menegur mereka.

Risma lantas memberi motivasi kepada sekelompok anjal tersebut. Ia meminta 8 remaja ini pulang dan kembali hidup normal.

“Mau sampai kapan kalian kayak gini? Gak pingin berubah kamu? Sekarang sudah bisa sekolah, kenapa kamu kok tidak sekolah. Ibuku ya lulusan SD, tapi anaknya tidak boleh lulusan SD, ngerti ya? Makanya abis ini kamu kerja, tak ajari,” tegasnya.

Risma kemudian berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait di lokasi. Ia meminta aparat setempat mendata dan memulangkan para anjal ke rumahnya masing-masing.

“Kamu pulang tak antar. Kamu balik ke orang tuamu ya. Nanti tak cari beneran lo kamu, setelah ini kamu tak cari,” ujar Risma.

Risma mengatakan, akan mengecek langsung ke rumah mereka pada Senin besok. Risma meminta mereka pulang di antar Dinsos (Dinas Sosial) Kabupaten Jombang.

Usai mengurus sekelompok anjal tersebut, Risma lantas melanjutkan perjalanan memantau penyaluran BPNT (Bantuan Pemerintah Non Tunai) di sejumlah lokasi kecamatan di Jombang.

Sedikitnya ada dua kecamatan yang disinggahi perempuan kelahiran Kediri ini. Yakni, Kecamatan Tembelang dan Mojoagung. Setelah dari Mojoagung Risma bergeser ke Kecamatan Ngoro. Dua kecamatan terakhir itu menurut Risma, BPNT yang belum terealisasi seribu lebih KPM (keluarga penerima manfaat). (yap/al)

Tinggalkan Balasan