Kiai Marzuki Mustamar Berpeluang di Usung PKB Maju Pilgub Jatim

Hj. Anik Maslachah, Sekretaris DPW PKB Jawa Timur. foto: istimewa.
Bagikan :

SURABAYA, TelusuR.id – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membuka peluang mengusung mantan Ketua PWNU Jawa Timur, Kiai Marzuki Mustamar dalam pilgub 2024. Sinyal itu disampaikan Sekretaris DPW PKB Jatim, Anik Maslachah.

Menurut Anik, hasil survei terbaru yang dikakukan ARCI menggambarkan sosok Kiai Marzuki sangat dikenal dan dicintai masyarakat Jawa Timur. Apalagi dengan modal 23,7 persen dan elektabilitasnya berada diurutan kedua setelah Khofifah Indar Parawansa.

Bacaan Lainnya

“Kalau Kiai Marzuki berkenan mendaftar sebagai bakal calon gubernur dari PKB, maka beliau berpeluang besar mendapatkan rekom sekaligus tiket pilgub. Karena PKB bisa mengusung calon sendiri,” kata Anik Maslachah, Kamis (16/5/2024).

Tokoh Nahdliyin Inspiratif versi Forkom Jurnalis Nahdliyin ini mengungkapkan meski pun sudah tidak menjabat sebagai Ketua PWNU Jatim, namun kecintaan masyarakat kepada Kiai Marzuki tidak redup. Justru beliau menjadi pilihan alternatif masyarakat untuk memimpin Jatim.

Anik melanjutkan, realita ini menandakan masyarakat menaruh harapan besar agar Kiai marzuki terus memimpin, tidak hanya di sebuah ormas di Jatim. Tetapi lebih luas lagi, memimpin pemerintahan di Jawa Timur.

“Meski tidak lagi memimpin NU secara struktural tapi Kiai Marzuki masih mendapat kepercayaan kultural NU. Beliau bisa menjadi pilihan alternatif masyarakat untuk memimpin Jawa Timur,” ujar Anik.

Perempuan pertama yang memimpin DPRD Jatim pasca era reformasi ini sangat optimis dengan mengusung Kiai Marzuki Mustamar, PKB bisa memenangi pilgub Jatim. Alasannya, meski selama ini hanya mengajar dan mengasuh pondok pesantren tapi elektabilitas Kiai Marzuki sudah tinggi. Apalagi kalau di-gaspoll jelang pilgub.

Anik mengatakan, saat ini sudah ada komitmen beberapa partai yang siap gabung, siapapun yang dicalonkan PKB. Termasuk bila mengusung pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad, Gasek Kota Malang tersebut.

“Kami sangat optimis menang bila mengusung Kiai Marzuki Mustamar. Masih ada cukup waktu untuk menaikkan elektabilitas beliau,” pungkas Anik Maslachah.

Tinggalkan Balasan