Pemilu 2024 Aman dan Kondusif, Polres Jombang Tasyakuran dan Doa Bersama Jelang Ramadhan

Pemilu 2024 Aman dan Kondusif, Polres Jombang Tasyakuran dan Doa Bersama Jelang Ramadhan
Bagikan :

JOMBANG, TelusuR.id – Polres Jombang menggelar 3 kegiatan sekaligus diantaranya Doa bersama menjelang Ramadhan 1445 H / 2024, Tasyakuran Pemilu 2024 dan penyerahan penghargaan TPS dan PPS tercemerlang dalam Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Jombang bertempat di Halaman Mapolres setempat, Kamis, (7/3/2024).

Hadir dalam Acara tersebut, Forkopimda Jombang, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Pengasuh Ponpes se Kab. Jombang, Kepala OPD Kabupaten Jombang, Ketua MUI, Ketua PC NU, Ketua PD Muhammadyah, Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD), Tokoh Lintas agama, Ketua Ormas, Ketua Perguruan Silat, Organisasi Kemahasiswaan Kab. Jombang, Pejabat Utama Polres Jombang dan Kapolsek jajaran.

Acara diawali dengan Sambutan Ketua DPRD Jombang Mas'ud Zuremi yang menyampaikan bahwa Tasyakuran yang diadakan Kapolres Jombang ini merupakan bagian dari ikhtiar dalam upaya menciptakan situasi aman dan kondusif. Pemilu di Jombang berjalan lancar didasari oleh masyarakat Jombang yang pluralis dan sudah terbiasa dengan perbedaan. Mudah-mudahan kita diberikan iman dan islam dalam menyambut Bulan Ramadhan dan berharap bulan puasa tidak pertikaian terutama pada waktu sahur.

“Acara Tasyakuran merupakan bagian dari ikhtiar dalam upaya menciptakan situasi aman dan kondusif dan menyambut Bulan Ramadhan dan berharap bulan puasa tidak pertikaian terutama pada waktu sahur,” urainya.

Sedangkan Ketua KPU Abdul Wadud Burhan Abadi mengucapkan syukur pelaksanaan pemilu di Jombang berjalan aman dan damai. Suksesnya Pemilu 2024 berjalan baik dan lancar ini terkait kondisi masyarakat Jombang yang pluralis dan sudah terbiasa dengan perbedaan yang mungkin tidak dimiliki lain. Terima kasih atas dukungan semua pihak dan partisipasi masyarakat, salah satunya sinergitas KPU dengan Stakholder terutama Polres Jombang dengan pengamanan dan dukungan untuk meningkatkan pastisipasi masyarakat dalam pemilu sehingga naik menjadi 87,8 %.

“Suksesnya Pemilu 2024 berjalan baik dan lancar ini terkait kondisi masyarakat Jombang yang pluralis dan sudah terbiasa dengan perbedaan yang mungkin tidak dimiliki daerah lain. Terima kasih atas dukungan semua pihak dan partisipasi masyarakat, salah satunya sinergitas KPU dengan Stakholder terutama Polres Jombang dengan pengamanan dan dukungan untuk meningkatkan pastisipasi masyarakat dalam pemilu,” Ucapnya

Dalam sambutannya Kapolres Jombang AKBP Eko Bagus Riyadi menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yakni, Pemerintah daerah, Aparat keamanan, Unsur Penyelenggara Pemilu, Pengawas pemulu, Stake holders terkait, Para Toga dan Tomas serta masyarakat Jombang atas dedikasi, peran serta, sinergi, kolaborasi dan soliditas sehingga pemilu 2024 di kab. jombang berjalan aman, sejuk dan damai.

“Kami sampaikan Apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yakni, Pemerintah daerah, Aparat keamanan, Unsur Penyelenggara Pemilu, Pengawas pemulu, Stake holders terkait, Para Toga dan Tomas serta masyarakat Jombang atas dedikasi, peran serta, sinergi, kolaborasi dan soliditas sehingga pemilu 2024 di kab. jombang berjalan aman, sejuk dan damai,” kata AKBP Eko Bagus.

Masih kata Kapolres Jombang, Kita punya tagline CEMERLANG (Cepat, Melayani, Religius, Kolaborasi, Mengayomi) sehingga semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan halus, rapi dan tuntas. Keberhasilan pemilu adalah keberhasilan seluruh komponen bangsa.

“Tidak lupa, kita doakan untuk unsur penyelenggara yang meninggal dunia setelah bertugas dalam pemilu 2024 semoga diberikan ampunan dan tempat terbaik disisi Nya dan yang masih sakit semoga segera diberikan kesembuhan. Semoga semangat dan dedikasinya dalam mensukseskan pemilu 2024 menjadi catatan amal baik,”lanjutnya.

Kapolres Jombang menambahkan, sebentar lagi bulan suci Ramadhan 1445 H, bulan penuh rahmat dan ampunan dan merupakan bulan yang dirindukan seluruh umat Islam. Dengan doa bersama, semoga Alloh SWT memberikan hidayah dan keberkahan kepada kita semua supaya dapat memetik keutamaan bulan ramadhan.

“Bulan suci Ramadhan 1445 H merupakan bulan penuh rahmat dan ampunan dan bulan yang dirindukan seluruh umat Islam. Dengan doa bersama, semoga Alloh SWT memberikan hidayah dan keberkahan kepada kita semua supaya dapat memetik keutamaan bulan ramadhan,” urainya.

Indikator suksesnya pemilu 2024 adalah tingkat partisipasi dan kehadiran pemilih ke TPS untuk memberikan suara. Guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya, Polres Jombang membuat inovasi antara lain, Makblos Mbareng (Habis Nyoblos Makan Bareng), Lomba Konten Kreatif untuk generasi Z dengan Tema Ajakan untuk mencoblos bagi generasi Z yang sudah memiliki hak pilih, Lomba TPS dan Lomba Desa/PPS Ter-cemerlang.

Alhamdulillah, tingkat partisipasi pemilih di kab. jombang sangat baik, mencapai kisaran 86 % dan melampaui target KPU 80 % secara . Pada pemilu 2019 tingkat partisipasi masyarakat Jombang 84 %, pemilu 2024 naik 2 %; tentunya tidak lepas dari kerja keras kita bersama dalam mensosialisasikan suksesnya pemilu 2024.

Adapun pemenang lomba Pemilu 2024 dan Lomba HPN 2024 Polres Jombang yaitu:

a. TPS Tercemerlang dengan Partisiasi pemilih tertinggi :
1) TPS 009 Ds. Kedungbetik Kec. Kesamben 98 %
2) TPS 018 Ds. Jombatan Kec. Kesamben 96,93 %
3) TPS 006 kebonagung Kec. Ploso 96, 13 %
4) TPS 008 Ds. Plabuhan Kec. Plandaan 96,03 %
5) TPS 001 Ds. Wonokerto Kec. Wonosalam 95,96 %

b. Ds. Tercemerlang dengan Partisipasi masyarakat, Mekanisme Tungsura dan Nihil pelanggatan :
1) Juara 1 Ds. Plabuhan Plandaan
2) Juara 2 Ds. Sumberaji Kabuh
3) Juara 2 Ds. Plosogeneng jombang

c. Lomba Konten Kreatif Tema 1 :
1) JUARA 1- SMAN JOGOROTO
2) JUARA 2 MAN 2 JOMBANG
3) JUARA 3 – SMKN MOJOAGUNG

d. Lomba Konten Kreatif Tema 2 :
1) JUARA 1- SMK MUHAMMADIYAH 2 JOGOROTO
2) JUARA 2-SMAN BARENG
3) JUARA 3 – SMKN KABUH

e. Lomba Konten Kreatif Juara Favorite :
1) JUARA FAVORIT – SMAN 3 JOMBANG
2) JUARA FAVORIT – SMAN 2 JOMBANG

f. Lomba Memasak :
1) Hotel Fatma
2) Resto Devys
3) Kansa Wonosalam

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *