Lazisnu Surabaya dan MWC NU Sukolilo Gelar Madrasah Amil Persiapan Ramadan

Lazisnu PCNU Surabaya dan MWC NU Sukolilo Gelar Madrasah Amil Persiapan Ramadan. foto: istimewa.
Bagikan :

SURABAYA, TelusuR.id – Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Pimpinan Cabang (PC) Surabaya bekerja sama dengan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Sukolilo mengadakan Madrasah Amil untuk persiapan bulan suci Ramadan. Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor MWC NU Sukolilo diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai ranting NU dan Takmir Masjid di wilayah Sukolilo, 2 Maret 2024.

Ketua Lazisnu PCNU Surabaya, Dr. Moh. Mukhrojin mengatakan Amil adalah ujung tombak Lazisnu dalam melayani umat. Oleh karena itu, perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai agar dapat menjalankan tugasnya dengan amanah dan profesional.

Bacaan Lainnya

Ia melanjutkan, Madrasah Amil merupakan program edukasi yang dirancang untuk membekali para amil atau petugas zakat dengan pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam pengelolaan zakat, infak, dan sedekah (ZIS). Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini meliputi fikih zakat, manajemen ZIS, pendataan mustahik, dan teknik penggalangan dana.

“Para peserta juga mendapatkan pelatihan praktek untuk mengasah kemampuan mereka dalam berinteraksi dengan masyarakat,” kata Mukrojin dalam keterangannya, Ahad (3/3/2024).

Doktor yang desertasinya mengambi teka zakat ini menambahkan, Madrasah Amil ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan ZIS di lingkungan NU.

Madrasah Amil ini merupakan salah satu upaya Lazisnu PCNU Surabaya untuk memaksimalkan potensi ZIS di bulan Ramadhan. Lazisnu menargetkan dapat menghimpun dana ZIS lebih banyak pada tahun ini untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Dengan pembekalan yang memadai, diharapkan para amil dapat menjalankan tugasnya dengan lebih profesional dan amanah,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua MWC NU Sukolilo, Amrozi, M.Fil.i, menyambut baik penyelenggaraan Madrasah Amil di wilayahnya. Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya zakat dan mendorong partisipasi mereka dalam penyaluran ZIS.

Tinggalkan Balasan