Khofifah Sebut Partisipasi Pemilu 2024 Meningkat Adalah Wujud Antusias Masyarakat Sukseskan Demokrasi di Indonesia

Khofifah Sebut Partisipasi Pemilu 2024 Meningkat Adalah Wujud Antusias Masyarakat Sukseskan Demokrasi di Indonesia
Khofifah Indar Parawansa usai melaksanakan hak pilih pada pemilu 14 Februari 2024. foto : istimewa.
Bagikan :

SURABAYA, TelusuR.id – Tingkat partisipasi warga Jatim dalam Pemilu tahun 2024 tembus 82% lebih. Bahkan berpotensi akan bertambah seiring dengan proses rekapitulasi yang masih berlangsung di KPU.

Atas hal ini Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran Khofifah Indar Parawansa menyampaikan terima kasih dan apresiasinya pada seluruh warga pemilih dari Jawa Timur. Hal ini menunjukkan bahwa warga Jatim turut serta dan aktif dalam pesta demokrasi yang turut menentukan masa depan bangsa Indonesia tersebut.

“Alhamdulillah jika dilihat datanya, partisipasi warga Jatim dalam Pemilu 2024 mencapai 82% lebih. Tentu kami menyampaikan terima kasih pada seluruh warga Jatim atas partisipasi dan antusiasnya dalam Pemilu 2024 yang menjadi penentu masa depan bangsa,” tegas Khofifah, Selasa (5/3/2024).

Lebih lanjut wanita yang juga Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 ini menegaskan bahwa tingginya paritispasi pemilih dari Jatim ini adalah hasil buah usaha dari semua pihak yang menyukseskan pemilu. Mulai dari KPU, Bawaslu, Pemerintah , Forkopimda, Media, dan juga seluruh elemen partai yang berupaya keras dalam menyosialisasikan pemilu di masyarakat. Sehingga masyarakat antusias untuk datang ke TPS dan menyuarakan hak pilihnya pada tanggal 14 Februari 2024 yang lalu.

“Tingginya partisipasi masyarakat dalam pemilu bukan hanya penting dalam menentukan kemenangan paslon. Melainkan juga menunjukkan kualitas demokrasi negara kita. Dimana semakin tinggi partisipasi masyarakat, artinya masyarakat juga turut serta menyukseskan mekanisme demokrasi di Indonesia,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan hasil hitung cepat, warga Jawa Timur berkontribusi besar dalam memenangkan pasangan capres cawapres nomor urut 2 yaitu Prabowo-Gibran dengan tingkat kemenangan signifikan. Yaitu dengan persentase kemenangan diatas 66%.

Terkait hal ini, Khofifah juga menyampaikan terima kasihnya. Tidak hanya itu, Khofifah juga telah menyampaikan aspirasi warga Jatim secara langsung pada Prabowo Subianto dalam pertemuan silaturahmi kebangsaan yang dihelat di Hambalang Bogor, Sabtu (2/3) lalu.

Tokoh Nahdliyin Inspiratif versi Forkom Jurnalis Nahdliyin ini mengungkapkan bahwa Jatim menjadi penentu dan penyumbang paling besar bagi kemenangan Prabowo-Gibran. Sehingga ia menitipkan pesan pada Prabowo jika nanti sudah menjabat sebagai Presiden RI agar memberikan perhatian lebih pada warga Jatim.

“Tentunya kami sampaikan pada Bapak Prabowo dalam pertemuan di Hambalang kemarin, agar mendukung kemajuan pembangunan di Jatim. Agar semakin besar perwujudan keadilan dan kesejahteraan yang diberikan pada seluruh warga Jatim,” tegas Khofifah.

Terutama juga karena posisi Jatim yang sangat penting bagi Indonesia. Dimana Jatim merupakan penyangga ekonomi kedua terbesar , dan penyokong utama kemajuan ekonomi di wilayah Indonesia Timur.

“Apalagi nanti ketika ibu kota negara sudah berpindah di IKN, maka Jatim juga akan sangat strategis. Sekarang saja Jatim sudah menjadi lumbung pangan nasional dengan menyuplai kebutuhan pangan hampir 80 persen logistik untuk 16 provinsi di Indonesia,” tegas Khofifah.

Terakhir, Khofifah berpesan agar seluruh warga masyarakat turut mengawal jalannya proses rekapitulasi suara yang tengah berlangsung. Sebab menurutnya pengawalan dari masyarakat akan turut membuktikan integritas penyelenggaraan pemilu 2024.

“Kita percaya bahwa penyelenggara pemilu telah memberikan yang terbaik dan melakukan tugasnya dengan penuh integritas. Mari kita kawal bersama sebagai bentuk kepercayaan pada proses demokrasi yang berintegritas,” pungkas Khofifah.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *