Anggota DPR RI Komisi VII Ratna Juwita Sari Menjadi Inspirasi Generasi Muda Perempuan Nahdliyin

Anggota DPR RI Komisi VII Ratna Juwita Sari Menjadi Inspirasi Generasi Muda Perempuan Nahdliyin
Ratna Juwita Sari, Anggota DPR RI menerima penghargaan Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif 2023 dari FJN
Bagikan :

TelusuR.id – Ratna Juwita Sari Anggota DPR RI (Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia) Komisi VII asal Pemilihan (Dapil) IX Tuban dan Bojonegoro mendapat anugerah tokoh muda inspiratif dari Forkom Jurnalis Nahdliyin.

Mbak Ita, demikian akrab dipanggil ini adalah sedikit dari kader perempuan NU dari Daerah Pemilihan Jawa Timur yang lolos ke Senayan pada Pemilu 2019. Wakil Sekretaris Muslimat NU Kabupaten Tuban itu ketika dilantik menjadi anggota parlemen masih berusia 35 tahun.

Ketua Forkom Jurnalis Nahdliyin, Muhamad Didi Rosadi menilai Ratna Juwita bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda nahdliyin untuk berprestasi di berbagai bidang, termasuk jalur . Menurutnya, semua anak muda bisa sukses asal mau berusaha dan berproses.

“Mbak Ratna Juwita ini contoh kader muda NU yang mau berproses. Ia aktif di Muslimat NU, cabang olahraga, Perwosi, bahkan juga ikut mengurusi Persatu, klub sepakbola kebanggaan warga Tuban,” terang jurnalis koran terbitan Surabaya yang akrab disapa Diday itu, Kamis (21/12/2023).

Diday melanjutkan, dengan berproses di berbagai organisasi itu lah, Ratna Juwita mempunyai modal sosial sehingga terpilih menjadi anggota DPR RI dari daerah pemilihan Tuban dan Bojonegoro.
Hal itu dibuktikan dengan perolehan suaranya yang signifikan pada pemilu 2019.

Ia menambahkan, kepercayaan yang didapat itu tentu tidak instan. Ratna Juwita tentu dipercaya menjadi wakil masyarakat Tuban dan Bojonegoro karena sepak terjangnya sudah dikenal serta dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Perolehan suara 106.083 pada pemilu 2019 adalah bukti kepercayaan yang didapat Ratna Juwita dari masyarakat Tuban dan Bojonegoro. Tentunya itu melalui sebuah proses,” tutur Diday yang juga kader Ansor.

Menurutnya, dalam aktifitas sebagai anggota parlemen, banyak manfaat yang ditebar alumnus Unair (Universitas Airlangga) tersebut. Mulai pemberdayaan perempuan, hingga petani.

Dari sekian banyak sumbangsihnya, FJN mencatat adanya bantuan 935 unit mesin pompa air berbahan bakar gas yang diinisiasi Ratna Juwita untuk petani di wilayah Tuban dan Bojonegoro. Bantuan mesin pompa air ini didistribusikan pada awal Oktober 2023.

“Dalam menetapkan Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif, kami melihat prestasi dan rekam jejak. Termasuk terhadap Mbak Ratna Juwita. Apresiasi ini independen dan imparsial,” ujar Diday.

Sementara, Anggota DPR RI Komisi VII Ratna Juwita Sari mengatakan pihaknya sangat berterima kasih atas penganugerahan terhadap dirinya dari Forkom Jurnalis Nahdliyin sebagai tokoh muda perempuan yang menginspirasi.

“Ini tidak lepas dari peran dukungan dari temen-temen media yang selalu menginformasikan dan mendukung kegiatan kami. Terima kasih banyak temen-temen jurnalis dari Aji, PWI, IJTI, dan RPS di Tuban. Dan temen-temen jurnalis nahdliyin Jawa Timur,” ucap Mbak Ita.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *