Berangkatkan 3 Kloter Haji, Berikut Pesan Bupati Jombang dan Kepala Kemenag Jombang

Bagikan :

JOMBANG,TelusuR.ID – Bupati Jombang, Mundjidah Wahab, melepas keberangkatan jemaah haji dari kloter 77, 78, dan 79, Selasa (20/6/2023).

“Alhamdulillah tahun ini kita bisa memberangkatkan jamaah haji setelah bertahun-tahun tidak bisa karena adanya Covid-19,” ucapnya.

Dikatakan, meski keberangkatan haji sempat terhalang Covid-19, calon jamaah haji asal Jombang saat ini terdapat 80 persen lansia.

“Bahkan usia tertua yakni 94 tahun dan usia termuda 19 tahun,” ujarnya.

Jemaah Haji Jombang Jatim diminta fokus rangkaian Ibadah Haji di Mekkah dan menjaga kesehatan saat di Tanah Suci.

Jemaah haji juga diminta mengurangi aktivitas di luar hotel mengingat suhu di Tanah Suci saat ini cukup panas, di atas 49 derajat celcius.

Pesan itu disampaikan Kepala Kantor Kemenag Jombang Muhajir saat melepas keberangkatan ribuan jemaah calon haji Jombang di Pendopo Kabupaten, Selasa 20 Juni 2023.

“Kurangi aktivitas di luar hotel jika tidak perlu, lebih baik fokus pada agenda haji yang akan dilaksanakan sesaat lagi setelah jemaah haji tiba di Mekkah,” kata Muhajir kepada wartawan.

Diketahui, jumlah jemaah haji Kabupaten Jombang tahun 2023 ini sebanyak. 1.175 orang.

Keberangkatan para jemaah Haji Jombang dilepas langsung oleh Bupati Jombang Mundjidah Wahab bersama forkopimda setempat dari Pendopo menuju asrama Haji Sukolilo Surabaya Jawa Timur

Selain menyarankan jemaah fokus pada agenda di Tanah Suci, Muhajir juga berpesan untuk selalu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi vitamin.

“Imbauan kami juga agar para jemaah menjaga kesehatannya dengan mengonsumsi vitamin,” ujar mantan Kepala Kantor Kemenag Tulungagung ini.

Mundjidah Wahab juga mengimbau jemaah haji Jombang untuk tetap menjaga kekompakan saat berada di Tanah Suci Makkah.

“Saya harapkan jemaah haji asal kabupaten Jombang untuk kompak dan selalu bersama-sama,” ujarnya.

Ia juga berpesan untuk saling menjaga satu sama lain, dan yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga kesehatan.

“Jagalah kesehatan, musimnya panas. Jangan kekurangan air. Tidur cukup, istirahat cukup agar dalam beribadah semuanya lancar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Jombang, Muhajir, mengatakan bahwa jamaah haji yang diberangkatkan dari 3 kloter tersebut sebanyak 1.084 jamaah.

“Kloter 77 sebanyak 394 jamaah kita siapkan 9 bus, kloter 78 ada 445 jamaah dengan 9 bus, dan kloter 79 ada 245 jamaah dengan keberangkatan 6 bus, jadi total keseluruhan 1084 jamaah,” paparnya.

Sedangkan untuk kuota haji tambahan sebanyak 47 jamaah akan diberangkatkan setelah agenda jamaah reguler selesai.

“Untuk kloter yang kuota tambahan insyaallah tgl 22 Juni 2023,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan