KESBANGPOL JOMBANG : PERERAT PERSATUAN DAN KESATUAN MELALUI PEMBAURAN KEBANGSAAN

Drs. ANWAR, M.KP dan KH. Zaimuddin Wijaya As'ad (Gus Zuem) sedang memimpin rapat monitoring dan evaluasi Kegiatan Forum Pembauran Kebangsaan Tahun 2022
Bagikan :

JOMBANG, TelusuR.ID – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Kabupaten Jombang, Bapak Drs. ANWAR, MKP menyampaikan  “Perlu dipahami bersama bahwa Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) adalah wadah informasi, komunikasi, konsultasi dan kerjasama antar warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh pemerintah ”.

Pembauran kebangsaan merupakan bagian penting dari kerukunan nasional dan upaya dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa guna memperkokoh integritas nasional serta menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang diselenggarakan melalui forum pembauran kebangsaan di daerah yang didukung oleh masyarakat dan pemerintah dengan koordinasi yang baik antar aparat pemerintah daerah dan instansi terkait di daerah secara profesional.

Bacaan Lainnya

Pada momen yang berharga ini, disampaikan pula arahan Menteri Dalam Negeri melalui surat nomor : 440/782/SJ tanggal 16 Februari 2021 hal pembentukan Forum Pembauran Kebangsaan dan dukungan penyelenggaraan pembauran kebangsaan di daerah, antara lain:

  1. Pemberdayaan dan mendukung program kegiatan FPK melalui penguatan kelembagaan meliputi dukungan pendanaan dan pembinaan serta peningkatan pelaksanaan peran dan tugas FPK
  2. Mensosialisasikan Mars FPK, sebagai perekat dan penyemangat dalam menjaga kerukunan nasional dan memelihara persatuan dan kesatuan bangsa pada setiap penyelenggaraan pembauran kebangsaan di daerah
  3. Menjadi fasilitator penyampaian pesan-pesan strategis pemerintah yang dilakukan oleh para tokoh dari masing-masing perkumpulan/paguyuban etnis kepada anggotanya

Hal tersebut disampaikan pada Rapat Monitoring dan Evaluasi Kerja Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Jombang tahun 2022 di ruang pertemuan RM. Zam Zam Rabu, (07-12-2022) sebagai bentuk fasilitasi dan pembinaan Forum Pembauran Kebangsaan. Hadir perwakilan organisasi kemasyarakatan yang mewakili lintas etnis untuk bermusyawarah dan berdiskusi memberikan pandangan terhadap penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan di Kabupaten Jombang.

Di kesempatan yang sama Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Jombang berpesan “semua pengurus Forum Pembauran Kebangsaan bersama-sama menjadi pioner dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa khususnya di Kabupaten Jombang serta kepengurusan FPK ini bisa terus merawat keberagaman secara bersama masyarakat lintas etnis” Ujar KH. Zaimuddin Wijaya As’ad.

Adapun hasil monitoring dan evaluasi program kerja Forum Pembauran Kebangsaan antara lain sebagai berikut :

  1. Dalam rangka penguatan kelembagaan FPK pentingnya memfasilitasi proses pergantian kepengurusan FPK ditingkat Kabupaten.
  2. Untuk mempertahankan kondisi yang sudah tercipta kondusif di Kabupaten Jombang, FPK Kabupaten Jombang bermaksud menyelenggarakan anjangsana di suku-suku dan etnis-etnis yang ada di Kabupaten Jombang.

Gus. Zuem sedang mengevaluasi kegiatan Forum Pembauran Kebangsaan Kab. Jombang Tahun 2022

Diakhir pertemuan, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik menyampaikan harapan agar FPK selalu berperan aktif dan secara bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Jombang siap memfasilitasi dan memberikan dukungan dalam pelaksanaan tugas Forum Pembauran Kebangsaan.

Salam Pembauran

Damai dalam Keberagaman, Bersatu Membangun Negeri

 

Tinggalkan Balasan