Sentra Tahu Jogoroto Gelar Festival Grebeg Tahu, Bupati Jombang : Icon Kebanggaan Masyarakat Jombang

0
144 views
Bagikan :

JOMBANG, TelusuR.ID – Sebagai ungkapan syukur dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H dan HUT Jam’iyyah Mahabbatur Rosul Ke-58, Perkumpulan UMKM Tahu Jombang “Sumber Berkah” Dusun Bapang, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, di selenggarakan  “Festival Grebeg Tahu dengan pawai gunungan tahu pada Jumat (7/10/2022) siang.

UMKM Tahu Jombang “Sumber Berkah” Dusun Bapang, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang merupakan salah satu sentra tahu di Jombang,  dalam Festival Grebeg Tahu dengan pawai gunungan tahu ada sebanyak 43 gunungan tahu yang ambil bagian menyemarakkan kegiatan yang dibuka oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab dan dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Jawa Timur bidang Sumber Daya Manusia Dr. H. Jazuli SH, M.Si, Wakil Ketua DPRD Jombang Farid Al Farisi, Wakil Ketua Komisi D DPRD M. Syarif Hidayatullah, Anggota DPRD Ifadhotul, Perwakilan Forkopimda, Kepala OPD terkait Pemkab Jombang, Forpimcam Jogoroto, Kepala Desa Sumbermulyo Fuad.

Pawai gunungan tahu diarak menggunakan mobil pick up, mulai dari Dusun Bapang dan finish di Lapangan terbuka Dusun Kebon Melati. Ratusan warga yang menyaksikan dan bersiap mendekati gunungan tahu, bersiap untuk saling merebut gunungan tahu.

Mewakili Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Staf Ahli Gubernur Jatim Akhmad Jazuli menyampaikan, ucapan terima kasih kepada masyarakat Kecamatan Jogoroto khususnya Dusun Bapang Desa Sumbermulyo yang sudah mampu membangkitkan perekonomian pasca pandemi Covid-19, dan memberikan doa terbaik bagi kepemimpinan Bupati Jombang dalam mewujudkan Jombang yang Berkarakter dan Berdaya Saing.

Semoga dengan adanya Festival Grebeg Tahu dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H dan HUT Jam’iyyah Mahabbatur Rosul Ke-58 membawa barokah Dunia dan Akhirat bagi masyarakat Kecamatan Jogoroto khususnya masyarakat Dusun Bapang. Mudah-mudahan makmur serta rukun di bawah pimpinan Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab,” tutur Akh.Jazuli.

Sementara itu, Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab dalam sambutannya mengatakan adanya grebeg tahu tahun ini, memberikan berkah bagi para pengusaha tahu Desa Sumbermulyo juga masyarakatnya Semakin barokah dan semakin maju pembangunan.

“Grebeg tahu merupakan salah satu icon Jombang yang tidak bisa dilihat dari masyarakat Sumbermulyo. Selain tahu, durian juga icon Jombang yang ada di Wonosalam. Semoga ini menjadikan berkah bagi kita semuanya. Bagi para pengusaha tahu, semoga usaha semakin maju dan masyarakat selalu kompak penuh kebersamaan dan kegotong royongan,” pungkas Bupati Mundjidah Wahab.

Selanjutnya Gunungan Tahu dibagi oleh panitia dan digrebeg oleh masyarakat yang menyaksikan. Mereka sangat antusias, gembira menyambut festival Grebeg Tahu. Keseruan berebut tahu sangat terlihat ketika detik detik Bupati Mundjidah Wahab bersiap membuka kegiatan tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini