Gus Muhaimin Bersama Elit PKB Ziarah ke Makam Presiden RI Pertama

Gus Muhaimin bersama sejumlah elit PKB ziarah ke makam Bung Karno di Kota Blitar. foto : istimewa.
Bagikan :

SURABAYA, TelusuR.ID – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Gus Muhaimin Iskandar lekat dengan tradisi ziarah. Ia selalu meluangkan waktu untuk ziarah ke makam para kiai atau sesepuh dan tokoh daerah saat kunjungan kerja atau road show .

Saat kunjungan ke Kota Blitar, cicit KH. Bisri Syansuri itu juga menyempatkan diri ziarah ke Makam Proklamator kemerdekaan RI, Bung Karno. Ziarah ke makam Presiden RI pertama itu usai Gus Muhaimin menghadiri Haul Romo KH Shodiq Damanhuri di Yayasan Pondok Pesantren APIS Sanan Gondang Kabupaten Blitar.

“Ziarah kubur sudah tradisi saya sebagai nahdliyin. Saat kunjungan ke daerah, saya selalu menyempatkan diri berziarah di makam kiai atau sesepuh setempat. Saya selalu mendapat energi positif usai ziarah ke makam ulama,” tutur Gus Muhaimin dalam keterangannya, Selasa (27/09/2022).

Saat ziarah ke makam Bung Karno, Wakil Ketua DPR RI itu ditemani sejumlah elit PKB. Mereka, diantaranya Sekjen DPP PKB Hasanuddin Wahid, Wakil Bendahara Umum PKB Bambang Susanto, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Ermarini, Ketua dan Sekretaris PKB Jawa Timur Abdul Halim Iskandar dan Anik Maslachah, serta sejumlah anggota Fraksi PKB DPRD Blitar.

Ziarah makam merupakan tradisi yang hingga kini dipegang teguh dan dijalani oleh keponakan Gus Dur tersebut. Di sana, Gus Muhaimin membaca tahlil dan doa bersama untuk Bung Karno.

Mantan Ketua Umum PB PMII itu menyampaikan bahwa dirinya banyak belajar politik kepada pendiri bangsa, termasuk salah satunya kepada Soekarno sebagai presiden pertama Indonesia melalui buku-buku biografi.

“Bung Karno mengajarkan kepada kita semua tentang nasionalisme, semangat menjadi negara yang bisa bersaing dan mengalahkan negara – negara lain,” ujar alumnus FISIP UGM itu.

Pria yang kini digadang-gadang maju sebagai Capres 2024 itu menuturkan bahwa Bung Karno telah banyak meninggalkan ide dan gagasan dalam membangun bangsa yang kuat ditengah kemajemukan. Oleh karenanya, ia bertekad memperjuangkan nilai-nilai kebangsaan yang pernah digagas Soekarno.

“Bersama semangat Bung Karno, kita teruskan perjuangan beliau,” tegas Gus Muhaimin.

Usai ziarah makam, Gus Muhaimin menuju Pendopo Bupati Blitar. Ia bersama Bupati Hj Rini Syarifah menyerahkan bantuan ribuan bibit ikan kepada pembudidaya ikan tawar dan ribuan bibit cabai. Tidak hanya itu, Gus Muhaimin juga menyerahkan bantuan 13 motor roda tiga sebagai alat bantu proses panen hasil pertanian, 100 sapi, serta alat-alat pertanian. (*)

Tinggalkan Balasan