Lakukan Perawatan 2 Ruas Jalan Kabupaten, Bukti Dinas PUPR Kabupaten Jombang Peduli Kelancaran Aktivitas Perekonomian Di Jombang

Bagikan :

JOMBANG, TelusuR.ID – Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang  (PUPR) Kabupaten Jombang terus berkomitmen untuk memberi perhatian lebih terhadap kelangsungan ekonomi masyarakat dari sisi perbaikan dan pembenahan infrastruktur. Salah satunya terus berupaya untuk menjaga kualitas sarana penghubung. Kali ini, perawatan sarana penghubung dilakukan pengoptimalan ruas milik jalan (Rumija) di sejumlah ruas yang ada di Kabupaten Jombang.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Jombang Bayu Pancoroadi mengatakan, perawatan sarana penghubung dilakukan terhadap ruas jalan Brambang-Diwek dan jalan raya Cukir-Godong. Selama Juni ini, ia telah menerjunkan unit reaksi cepat (URC) yang setiap hari melakukan penambalan lubang jalan.

“Untuk hari ini kegiatan perawatan rumija kami lakukan di ruas Mojoagung-Mojoduwur. Kegiatan serupa juga sudah kami lakukan di ruas Brambang-Diwek, serta jalan raya Cukir-Godong,” ujarnya kepada awak media TelusuR.ID, Kamis (9/6/2022).

Dijelaskannya, dari beberapa perawatan rumija yang saat ini tengah ditangani tim. Kondisi bahu jalan ditumbuhi oleh rumput liar dan masuk dalam kategori tidak maksimal.

“Rata-rata kondisi bahu jalan hampir sama di sejumlah ruas rumija yang ditangani. Yakni mulai ditumbuhinya rumput liar, sehingga fungsinya tidak dapat optimal,” terangnya.

Untuk itu, Bayu meminta Bidang Bina Marga berkolaborasi dengan Bidang Sumber Daya Air (SDA). Pasalnya, di bidang terkait memiliki alat berat jenis excavator.

“Kolaborasi dengan bidang SDA juga bertujuan agar air hujan yang mengguyur dapat langsung menuju ke saluran yang tersedia. Jadi selain memastikan rumija bebas dari rumput, antisipasi munculnya genangan air harus dilakukan untuk menjaga kualitas jalan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan