Aktifis Undar Jombang Melenggang ke Senayan Gantikan Hasan Aminuddin

0
589 views
Bagikan :

JAKARTA, TelusuR.ID – Satu lagi aktifis Undar Jombang yang berhasil melenggang ke senayan menjadi anggota DPR RI. Aktifis Undar (Universitas Darul Ulum) Jombang yang juga kader Partai NasDem itu hari ini dilantik saat paripurna di Gedung DPR/MPR Jakarta, Jumat 18/12/2022.

Melalui mekanisme PAW, Mohammad Haerul Amri dan Kader Partai Demokrat Hendrik H Sitompul dilantik menjadi anggota DPR RI. Pelantikan keduanya dipandu oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Pelantikan Mohammad Haerul Amri dan Hendrik H Sitompul berdasarkan petikan Keputusan Presiden Nomor 19/P Tahun 2022 tertanggal 15 Februari 2022 tentang Peresmian Pergantian Antarwaktu Anggota DPR dan Anggota MPR Sisa Masa Jabatan 2019-2024.

“Bagi Saudara yang beragama Islam demi Allah saya bersumpah, bagi Saudara yang beragama Katolik demi Tuhan saya berjanji, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945. Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi seseorang dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan demi kepentingan bangsa dan NKRI. Bagi Saudara yang beragama Katolik semoga Tuhan menolong saya,” demikian bunyi sumpah yang dibacakan kedua anggota PAW yang dipandu Puan.

Muhammad Haerul Amri dilantik sebagai anggota DPR RI dari dapil Jawa Timur II menggantikan Hasan Aminuddin. Hasan Aminuddin merupakan rekan satu partai di NasDem yang diketahui terjerat kasus dan ditetapkan tersangka oleh KPK.

Mohammad Haerul Amri

Sementara itu, Hendrik H Sitompul juga dilantik menggantikan Abdul Wahab Dalimunthe. Hendrik H Sitompul dari dapil Sumatera Utara I menggantikan Abdul Wahab Dalimunthe yang meninggal dunia.

Aam, sapaan akrab Mohamad Haerul Amri selama menjadi mahasiswa di Undar Jombang ini dikenal sebagai aktifis mahasiswa. Bahkan ia pernah menjadi ketua umum PMII Cabang Jombang.

Selain aktif di PMII, organisasi kemahasiswaan internal kampus juga di ikuti oleh pria yang dibesarkan di dunia pesantren ini, mulai dari pesantren di Karawang, Cirebon, dan Jombang.

Pasca mahasiswa, Aam kembali menempa dirinya terlibat aktif di berbagai organisasi tingkat nasional. Yakni Gerakan Pemuda Ansor, Organisasi Petani, pendamping Pedagang Kaki Lima & Asongan.

Kini, Aam aktif menjadi Sekjen DPP Garda Pemuda NasDem, Wakil Ketua Umum PP GP Ansor, dan Ketua Bidang Pemuda & Olahraga DPP Partai NasDem. (yap/al)

Tinggalkan Balasan