Dengar Pendapat Masyarakat Dengan Mindo Sianipar, Petani Keluhkan Sertifikasi Hak Garap Lahan

Bagikan :

JOMBANG, TelusuR. ID – Petani Kawasan Hutan (PKH) di wilayah Wonosalam Kabupaten Jombang menyampaikan aspirasinya kepada Mindo Sianipar, anggota DPR RI yang sedang adakan reses

Keluhan petani itu diutarakan oleh Jari, seorang perwakilan kelompok tani hutan yang pada saat itu hadir mengikuti agenda Dengar Pendapat Masyarakat Bersama Mindo Sianipar yang diadakan di gedung pertemuan LMDH Wonosalam. Kamis, 02/12/2021

Bacaan Lainnya

“Petani kawasan hutan sudah lama menunggu adanya sertifikasi hak garap sebagai legalitas petani dalam mengelola lahan”, ungkap Jari, anggota kelompok petani hutan asal Desa Carang Wulung Wonosalam ini.

Momen tatap muka dengan anggota DPR memang menjadi kesempatan emas bagi petani untuk sampaikan uneg-unegnya.

Hal ini tercermin ketika sejumlah 160 orang petani yang berasal dari 9 desa di Bareng dan Wonosalam mengikuti sessi tanya jawab. Banyak peserta yang menyampaikan gagasan maupun usulan menyangkut pengelolaan lahan pertanian di kawasan hutan.

Moh. Imam SPd, selaku narasumber yang mewakili Mindo Sianipar menanggapi keluhan tersebut. Diharapkan keluhan petani ini nantinya bisa di bawa ke sidang di DPR.

Ia menyampaikan bahwa legalitas itu memang sangat penting sebagai perlindungan hukum bagi petani hutan, terutama petani yang ikut terlibat dalam pengelolaan hutan produksi sebagai lahan tumpang sari pertanian.

Dapat diketahui bahwa Mindo Sianipar merupakan politisi senior PDI Perjuangan yang menjadi anggota DPR RI Dapil Jatim VIII yang duduk di komisi IV, salah satu dari 11 komisi yang ada di DPR. Komisi IV mempunyai ruang lingkup tugas di bidang pertanian, lingkungan hidup dan kehutanan, serta kelautan.(anam)

Tinggalkan Balasan