Kembalinya Putra , Taufiqurrahman Jabat Kepala Kantor Kemenag Jombang

0
840 views
Bagikan :

Jombang, Telusur – Taufiqurrahman resmi menjabat sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jombang, Jawa timur setelah dilantik Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag RI pada Senin (2/8/2021) lalu.

“Inggih leres (Ya benar) mas. Pak DR.H. Taufiqurrahman, M.Ag (Kepala Kantor Kemenag Jombang),” kata Kasi Pelaksana tugas (Plt) Kasubbag Tata Usaha, Kantor Kemenag Jombang Ilham Rohim kepada Jurnaljatim.com, Selasa (30/8/2021).

Sebatas diketahui, jabatan kepala Kemenag Jombang sebelumnya diisi sementara pelaksana tugas (Plt) Drs. H Laksono, M.Pdi karena Kepala Kemenag Taufiq Abdul Djalil pada 6 November 2020 lalu dimutasi ke Kabupaten Blitar setelah menggelar pesta hajat anaknya di masa pandemi COVID-19.

Taufiqurrohman bukan pejabat baru di lingkungan Kantor Kemenag Jombang. Taufiq pernah menjabat sebagai Kasi Mapenda dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha. Kemudian diangkat jabatan sebagai Kepala Kemenag Kota Pasuruan dan terakhir sebagai Kepala Kemenag Nganjuk.

Sekjen Kemenag RI, Nizar, melantik Taufiqurrohman bersama 9 orang pejabat administrator lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur serta 3 pejabat administrator lingkungan Kanwil Kemenag Nusa Tenggara Timur secara daring.

Total ada 13 pejabat eselon III yang dilantik secara daring. Pelantikan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penyebaran virus corona.

Sekjen Nizar mengungkapkan proses rotasi, mutasi, dan promosi jabatan merupakan hal biasa dan wajar dalam sistem birokrasi untuk meningkatkan potensi.

Pelantikan bukan hanya memiliki arti sebagai pemenuhan formalitas pendistribusian jabatan, melainkan sebagai sarana penguatan, pengembangan dan pemberdayaan potensi diri sesuai dengan kompetensi yang dimiliki dalam upaya peningkatan kompetensi aparatur ke arah tercapainya sumber daya yang handal profesional akuntantabel

“Diharapkan dapat mewujudkan optimalnya dan kinerja Kementerian Agama dalam memenuhi tuntutan dan harapan masyarakat yang terus berkembang saat ini,” ungkap Nizar usai pelantikan.

Ia mengatakan, Parameter utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai, terang Sekjen dilakukan melalui pertimbangan kapasitas, kompetensi, integritas, loyalitas, moralitas serta nilai pengertian dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab kepada negara.

Dia berpesan kepada pejabat yang baru dilantik agar tidak berlaku sewenang-wenang yang dapat merugikan institusi Kementerian Agama. Ia juga mewanti-wanti agar tidak bersikap aji mumpung tapi hendaknya bersikap rendah hati dan bertanggungjawab terhadap jabatan yang diemban.

“Sekali lagi saya tekankan kepada pejabat yang baru saja dilantik agar melaksanakan amanah jabatan dengan bersungguh sungguh, menjauhi perbuatan dan perilaku korupsi, kolusi, dan nepotisme, praktek-praktek transaksional dalam rotasi mutasi dan promosi serta tata kelola lingkungan Kementerian Agama yang diamanahkan kepada Saudara,” pesannya.

Nizar juga berpesan agar seorang pimpinan harus dapat menyiapkan diri menjadi pelayan orang banyak dan membuka diri, mau menerima kritik dan menghindari ego sektoral.

“Setiap pemimpin tidak cukup hanya menjadi pembicara yang baik tetapi sekaligus harus bisa menjadi pendengar yang baik,” ujarnya melalui aplikasi zoom meeting.

Ia meminta agar keterbukaan dan kebersamaan harus selalu dijaga dan pelihara melalui komunikasi kelembagaan. Menurutnya, banyak sekali program yang telah dilakukan baik di bidang agama dan bidang pendidikan keagamaan yang perlu yang disinkronisasikan serta dikoordinasikan secara profesional.

“Dengan koordinasi konsolidasi serta sinergi antar bidang, kami yakin Kementerian Agama akan menjadi institusi yang kuat serta kontribusi terhadap pembangunan bangsa dan negara terutama pembangunan agama dan pendidikan keagamaan,” ujarnya.

Adapun pejabat di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur yang dilantik adalah:

Muhammad Muslim, S.Ag, M.Sy sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang

Drs. Imam Turmudi,M.Ag sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batu

Fausi, SE, MHI, M.PdI sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan

Samsur, S.Ag, M.PdI sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Probolinggo

Abdul Rahman,S.Ag, M.PdI sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pasuruan

Munir, S.Ag, M.Ag sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro

Mohamad Afif Fauzi, S.Ag, M.PdI sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk

Drs. Mufi Imron Rosyadi,M.EI sebagai Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur

Drs Nawawi, M.Fil.I sebagai Kepala Bagian Tata Usaha pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur

Drs Taufiqurrahman, M.Ag sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang

Tinggalkan Balasan