fbpx

Beranda blog

Anggaran PL Tembus Rp 40 M, Banyak Rekanan Ngaplo

0
Image by: https://www.garnesia.com/

JOMBANG,TelusuR.ID-  Jika dirata-rata, satu paket Pengadaan Langsung (PL) di RSUD Jombang tahun anggaran 2020 lalu, sedikitnya menembus kisaran pagu hingga Rp 1,3 milyar. Hanya kongkritnya memang tidak demikian. Dari 30 paket yang dilaksanakan, 13 diantaranya memiliki pagu mulai Rp 1,6 M hingga Rp 7,4 M. Sehingga untuk keseluruhan 13 paket PL menembus angka Rp 32 M. Sedang 17 paket PL sisanya bernilai total pagu Rp 8 M, dengan rincian satu paket PL dipagu mulai Rp 203 juta hingga Rp 906 juta.  

Angka tersebut tentu tidak berlebihan jika dibilang fantastis. Bandingkan saja dengan paket Pengadaan Langsung yang dilaksanakan diseluruh OPD Pemkab Jombang. Dengan tetap tunduk pada Peraturan Presiden tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah, maka jika dilaksnakan oleh OPD Pemkab, anggaran sebesar Rp 40 milyar itu bisa tersedia sedikitnya 200 lebih paket Pengadaan Langsung. Dan itu artinya kesempatan kerja bagi rekanan di Jombang menjadi lebih terbuka.   

Sayangnya hingga sejauh ini, Telusur.ID belum berhasil mengantongi daftar rekanan yang dipilih RSUD Jombang untuk pelaksaan paket fantastis tersebut. Juga, belum diperoleh informasi, apakah 30 paket pada tahun  anggaran 2020 itu dibagi habis untuk 30 rekanan ataukah ada nuansa setting paket hanya untuk kelompok rekanan tertentu. Karena jamak terjadi, dan bahkan bukan rahasia umum, bahwa paket Pengadaan Langsung cukup rentan untuk dijadikan pundi lewat fee proyek.   

Informasi yang dihimpun menyebutkan, bahwa dari waktu ke waktu, panggung bursa untuk para rekanan di Jombang masih terbilang jauh dari kata kompetitif. Terutama untuk kelompok rekanan pemula. Banyak muncul keluhan, karena kesempatan mengerjakan proyek sering tidak sebanding dengan ongkos back up administrasi Perusahaan untuk tetap hidup. “Tiap tahun kita bayar pajak ke negara, bayar ini itu agar bendera tetap hidup, tapi pekerjaan belum tentu didapat, “ketus seorang rekanan pemula, pada satu kesempatan. 

Nampaknya tidak hanya paket pengadaan langsung saja yang memicu tanya, tapi kegiatan swakelola RSUD Jombang tahun anggaran 2020 juga mengundang perdebatan. Sedikitnya media ini mencatat ada 3 paket swakelola yang butuh penjelasan administratif sebagaimana ketentuan berlaku. Adalah paket swakelola dan pelatihan umum dan admistrasi (kode RUP 24422385) senilai Rp 450 juta, kemudian swakelola pemeliharaan mebeluer rumah sakit (kode RUP 24422358) dengan pagu Rp 110 juta,  serta swakelola biaya makan dan minum tamu (kode RUP 24091126) dengan pagu Rp 104.150.000.  

Perdebatan pun muncul, karena ketiga paket dilaksanakan dengan swakelola tipe 1. Sebagaimana pemahaman jamak, jika ketiganya diswakelola tipe 1, maka pihak RSUD Jombang mengambil peran sebagai pelaksana pekerjaan tanpa melibatkan pihak lain. “Pertanyaannya, dari sisi mana pihak RSUD sanggup mengerjakan ketiga kegiatan tersebut. Kompetensinya jelas tidak ada. Harusnya ketiga paket tersebut masuk pengadaan langsung, bukan swakelola tipe 1. Lagi lagi pertanyaannya adalah, cantolan hukum apa yang dipakai RSUD Jombang terkait pengadaan barang dan jasa tersebut? “sergah sumber melempar tanya. (redaksi)

Kang Irwan : DPD PKS se-Jatim siap All Out Menangkan Khofifah-Emil

0
PKS Jatim menggelar Rapat Pimpinan (Rapimwil) pemenangan pilkada di Jatim, termasuk memenangkan Khofifah-Emil. foto: istimewa.

SURABAYA, TelusuR.id – Pasca turunnya SK DPP kepada Khofifah-Emil, PKS Jatim menggelar Rapat Pimpinan (Rapimwil) pada Ahad, (21/7/2024).

Agenda tersebut terkait dengan konsolidasi pemenangan dalam pilkada serentak 2024 termasuk Pilgub Jatim. Dalam kesempatan itu juga, dibahas tentang strategi pemenangan dalam Pilkada serentak di Jawa Timur.

Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan menyampaikan bahwa Rapimwil ini juga merupakan bagian dari upaya untuk mengkonsolidasikan DPD PKS se-Jatim terkait dukungan kepada calon kepala yang akan diusung di berbagai wilayah Jawa Timur.

“Sebagian besar DPD PKS di Jawa Timur sudah melaporkan peta dan dinamika didaerahnya masing-masing. Sudah 29 DPD menuntaskan pembahasan di level kab/kota. Rapimwil ini termasuk membahas upaya penuntasan dukungan disemua kab/kota,” kata, Irwan Setiawan, Senin (22/7/2024).

Pria yang akrab disapa Kang Irwan itu juga menyampaikan bahwa PKS Jatim siap mendukung tokoh-tokoh yang memiliki kredibilitas, kapasitas, dan elektabilitas tinggi untuk maju dalam Pilkada.

“PKS membuka peluang kolaborasi dengan semua partai politik untuk membangun daerah,” kata pria 48 tahun ini.

PKS Jatim menggelar Rapat Pimpinan (Rapimwil) pemenangan pilkada di Jatim, termasuk memenangkan Khofifah-Emil. foto: istimewa.

PKS Jawa Timur, jelasnya, telah memulai komunikasi politik dengan berbagai tokoh potensial di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota, serta menerima usulan calon dari anggota partai dan masyarakat.

Terkait dengan Pilgub, Irwan menyampaikan bahwa Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Timur resmi mengusung Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pilkada Jawa Timur 2024.

Dukungan ini diberikan berdasarkan hasil rapat Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS pada 4 Juli 2024 dan diumumkan oleh Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, pada 18 Juli 2024.

“Keputusan PKS ini didasarkan pada rekam jejak dan kinerja baik Khofifah dan Emil selama memimpin Jawa Timur,” kata alumnus FISIP Unair ini.

Selain itu, elektabilitas dan kredibilitas keduanya juga menjadi pertimbangan utama dalam memberikan dukungan ini.

Khofifah dan Emil telah mendapatkan dukungan dari beberapa partai politik lainnya, seperti Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PPP, dan PSI

Dalam Rapimwil DPW PKS Jawa Timur ini, Irwan meminta seluruh jajaran DPW dan DPD PKS se-Jawa Timur berkomitmen untuk memenangkan pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak dalam Pilgub Jatim 2024. Semua DPD PKS se-Jatim menyatakan kesiapannya.

“Seluruh struktur, anggota, dan anggota legislatif PKS siap all out untuk memenangkan pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak dalam Pilgub Jatim 2024,” tegasnya.

PKS Jawa Timur, kata Irwan, memiliki kekuatan militansi yang tinggi dalam struktur dan anggotanya yang berkomitmen penuh untuk mendukung kemenangan pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak dalam Pilgub Jatim 2024.

“Seluruh kader harus menjadi pejuang sejati yang siap memikul beban perjuangan,” pesannya di depan seluruh Ketua DPD PKS seluruh Jawa Timur yang hadir

Anggota DPRD Hingga Warganet Soroti Kegiatan Tutup Jalan Wahid Hasyim Oleh Perusahaan Travel

0
Syarif anggota DPRD Kabupaten Jombang.yang juga merupakan Ketua Ormas Pemuda Pancasila Kabupaten Jombang.

JOMBANG, TelusuR.id – Beredarnya info penutupan jalan Protokol KH Wahid Hasyim Kabupaten Jombang pada tanggal 22 Juli 2024, di berbagai media sosial dan grup whatsapp menuai banyak kritik dan keluhan dari netizen atau warganet dan warga Jombang.

Salah satu kritikan dan keluhan juga di sampaikan oleh Syarif Hidayatulah yang merupakan anggota DPRD Kabupaten Jombang.

“Saya sangat menyesalkan kenapa pihak polres, dishub, perijinan dan yang berwenang lainnya bisa memberikan ijin untuk menutup jalan pada hari efektif kerja hanya untuk kegiatan ultah sebuah perusahaan,” ujar Gus Sentot sapaan akrabnya dikutip TelusuR.id, Senin (22/07).

Lebih lanjut Gus Sentot berharap seyogyanya atau lebih elegan dan elok kalau polres dan dishub serta perijinan memberikan saran kepada perusahaan atau perseorangan yang akan mengadakan kegiatan berskala besar pada hari efektif kerja bisa di gelar di GOR atau lapangan terbuka biar tidak mengganggu aktivitas masyarakat.

“Apa lagi ini di jalan wahid hasyim yang merupakan jalan arteri protokol di dalam kota dan di jam kerja pula penutupannya,” keluh Gus Sentot yang juga merupakan Ketua Ormas Pemuda Pancasila Kabupaten Jombang.

Penutupan jalan protokol oleh kegiatan ulang tahun sebuah perusahaan yang bergerak di bidang travel itu juga menuai kecaman netizen. Para netizen jombang di beberapa platform media sosial memberikan uneg-unegnya seperti yang di unggah oleh akun Warga Jombang yang dikomentari followersnya.

“Mestinya jangan pakek fasilitas umum dong apalagi merugikan pengguna jalan lain gtu meskipun sdh mendapat izinlah tapi yang berkuasa tetaplah uang kan bisa sewa gedung,” ujar akun exel_permana_putra.

Tak sedikit yang menyayangkan arogansi pihak penyelenggara yang menutup jalan protokol KH Wahid Hasyim tersebut. Seperti komentar Akun IG danscool_14,” Gini2.. ini kan travel umroh ya. Kasih contoh yang baik2 bagi masyarakat umum. Kalian seharusnya lebih paham norma2 islam, pahami tolong…satu aja jangan banyak2. Jangan mempersulit urusan orang” ujarnya.

Dari unggahan akun IG Warga Jombang perihal penutupan jalan protokol oleh penyelenggara travel ibadah umroh yang melakukan kegiatan ulang tahun sudah dilihat lebih dari 48 ribu dan ditanggapi oleh ratusan komentar.

Melaju, Mundjidah Sumrambah Berduet Periode 2 Pilkada Jombang 2024

0

JOMBANG, TelusuR.id – Pasangan petahana Hj Mundjidah dan Sumrambah bisa dipastikan berduet lagi dalam Pilkada 2024. Di periode kedua ini bakal melaju melalui koalisi besar. Setelah kemunculannya di kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Timur.

Wasekbid Program DPC PDI Perjuangan Jombang Muhammad Masrur mengakui adanya undangan yang ditandatangani oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur.”Beliau berdua dipanggil atas undangan yang ditandangani Ketua DPD PDI Perjuangan Said Abdulloh,” katanya.

Sebelumnya Hj Mundjidah Wahab juga sudah mendapatkan surat tugas dari dua partai yaitu Partai Demokrat dan PPP untuk maju sebagai Calon Bupati (Cabup) Jombang dalam Pilkada serentak 2024.

“Saat ini sudah ada 2 partai dan itu cukup modal kursi sebagai syarat maju dalam Pilkada 2024. Selain itu, komunikasi dengan partai lainnya juga dilakukan,” kata Bu Mun, Sabtu (20/07) dalam keterangannya saat konsolidasi kader partai berlambang ka'bah di Tambakberas dikutip TelusuR.id.

Ketua DPW PPP Jawa Timur ini menegaskan pihaknya telah mendapatkan tugas oleh partai untuk kembali mencalonkan diri dalam Pilkada 2024. Sehingga ia meminta dukungan dan doa dalam melanjutkan kepemimpinannya di Kabupaten Jombang.

Dia juga tidak menampik bahwa pihaknya telah memenuhi undangan DPD PDI Perjuangan Jawa Timur bersama Sumrambah yang merupakan pasangannya dalam menjalankan di jombang periode 2018-2023.

“Benar. Kami sudah dipanggil oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur,” ujar Bu Mun.

Bu Mun menjelaskan bahwa pertemuan yang berlangsung di kantor DPD PDI Perjuangan itu selanjutnya menunggu keputusan pusat berkaitan dengan rekomendasi. Dan sesuai dengan menkanisme partai dan juga tahapan pendaftaran masih cukup waktu.

Ketua PC Muslimat Jombang ini juga membeberkan perihal pencalonannya kembali sebagai bupati jombang dikarenakan dorongan masyarakat dan berbagai pihak untuk melanjutkan kepemimpinannya.

“Saya yang masih memiliki kesempatan untuk maju Pilkada Jombang. Saya diminta untuk maju kembali. Soal rekom masih dalam proses. Kalau rekomnya sudah turun, akan kita sampaikan,” katanya.

Bu Mun juga tidak menampik di berbagai sudut kota dan desa banyak beredar baliho dirinya dan Sumrambah untuk pencalonan dalam Pilkada 2024.

“Saya dan Mas Rambah sudah diundang DPD PDIP Jatim. Tentunya membahas ke depan. Ini masih usulan dari , kita menunggu (rekomendasi) pusat,” bebernya.

Selain dua partai yang sudah menjalin komunikasi intens. Pengasuh Ribath Lathifiyah 2 Bahrul Ulum ini juga menjalin komunikasi dengan Partai Golkar Partai Nasdem, dan beberapa partai lainnya.

Mundjidah Wahab menegaskan jika dirinya juga melakukan komunikasi dengan seluruh partai. Sebelumnya, Mundjidah Wahab yang juga merupakan putri pendiri NU, KH Abdul Wahab Chasbullah ini menyatakan telah menerima surat tugas dari PPP dan Partai Demokrat untuk maju Pilkada Jombang 2024.

Insya Allah kita banyak teman yang bergabung. Semoga perjuangan ini diberi kemudahan dan mendapatkan ridho Allah SWT. Diberi keberkahan dan pertolongan-Nya,” tuturnya.

Diketahui hasil perolehan kursi DPRD Jombang pemilu legislatif 2024, PPP Jombang mendapatkan 4 kursi, Partai Demokrat mendapat 6 kursi dan PDI Perjuangan 10 kursi, Golkar 5 kursi, PKS 3 kursi, Nasdem 2 kursi, dan Gerindra 8 kursi. Sedangan kursi tertinggi dimiliki oleh PKB sebanyak 12 kursi.

Khofifah Ajak Syeikh Fadhil Al Jailani Bagikan Kunci Sukses Menuntut Ilmu pada Siswa Khadijah

0
Ulama dunia As Syeikh As Sayyid Prof. Dr. Mohammad Fadhil Al Jailani Al Hasani secara khusus hadir dalam rangkaian kegiatan MPLS siswa-siswi Yayasan Taman Pendidikan NU Khadijah Surabaya.

SURABAYA, TelusuR.id – Ulama dunia As Syeikh As Sayyid Prof. Dr. Mohammad Fadhil Al Jailani Al Hasani secara khusus hadir dalam rangkaian kegiatan MPLS siswa siswi Yayasan Taman NU Khadijah Surabaya, Jum'at (19/7/2024).

Di kesempatan tersebut sosok yang merupakan cicit dari ulama sufi dunia Syeikh Abdul Qodir Jailani itu memberikan tausiyah dan berbagi kunci kesuksesan dalam mencari ilmu. Dengan harapan akan diterapkan oleh para siswa siswi sekolah Khadijah sehingga kelak menjadi orang yang sukses dunia dan akhirat.

“Dalam kesempatan ini saya akan menjabarkan kuncinya sukses dalam menuntut ilmu. Kuncinya ada enam anak-anakku sekalian dan ini saya harap bisa diterapkan bersama oleh kalian semua,” ujarnya dengan bahasa Arab yang kemudian diterjemahkan oleh penerjemah.

“Tidak akan akan memperoleh ilmu kecuali dengan Enam perkara yang akan saya beri tahukan perinciannya. Yang pertana yaitu kecerdasan, kemudian semangat, lalu sungguh-sungguh, berkecukupan, bersahabat (belajar) dengan ustadz (guru), dan yang terakhir waktu yang lama,” urainya.

Ulama dan ahli tafsir asal Turki ini menegaskan enam kunci sukses mencari ilmu tersebut bukan sembarangan. Melainkan merupakan pesan yang ditinggalkan oleh Imam Syafi'i. Sebagaimana diketahui bahwa Imam Syaifi'i adalah seorang ulama besar yang tersohor derajat keilmuannya. Beliau juga adalah mujtahid mutlak yang juga pendiri mazhab fiqih.

Tidak hanya itu, cucu ke-24 Syeikh Abdul Qadir Jailani ini juga menyampaikan bahwa kesuksesan dalam mencari ilmu juga harus dibarengi dengan kekuatan adab atau akhlaq. Yang mana adab dan akhlaq ini merupakan seharusnya linier dengan derajat ilmu yang dimiliki seseorang.

“Jika ditanya bagaimana agar bisa menjadi orang berilmu seperti Syeikh Abdul Qadir Jailani, saya sampaikan bahwa semasa hidup beliau adalah orang yang sangat taat kepada ibunya. Satu pesan ibunya yang selalu beliau pegang adalah jangan berbohong,” tegasnya.

Untuk itu, ia ingin agar seluruh siswa siswi Khadijah bisa menerapkan kunci sukses mencari ilmu di atas. Dengan ketekunan mencari ilmu dan diimbangi dengan akhlaqul karimah yang menunjung tinggi kejujuran, ia yakin para alumni dari sekolah Khadijah akan meraih kesuksesan di dunia dan di akhirat.

Ulama dunia As Syeikh As Sayyid Prof. Dr. Mohammad Fadhil Al Jailani Al Hasani secara khusus hadir dalam rangkaian kegiatan MPLS siswa-siswi Yayasan Taman Pendidikan NU Khadijah Surabaya.

Sementara itu, Ketua Pembina Yayasan Khadijah Khofifah Indar Parawansa menyampaikan bahwa kesempatan untuk mendengarkan tausiyah langsung dari Syeikh Fadhil adalah kesempatan yang langka. Untuk itu ia berterima kasih pada Syeikh Fadhil yang berkenan meluangkan waktu untuk bersapa langsung dengan para siswa siswi dari sekolah Khadijah.

“Kami berterima kasih beliau bisa datang langsung ke sekolah Khadijah, memberikan pesan pesan dan penguatan untuk para anak didik,” tegas Khofifah.

Tokoh Nahdliyin Inspiratif versi Forkom Jurnalis Nahdliyin itu berpesan pada seluruh siswa-siswi sekolah Khadijah, ia berharap tausiyah yang diberikan benar-benar diresapi dan juga diamalkan. Dengan harapan kelak siswa siswi Khadijah bisa sukses meraih cita-cita yang diinginkan.

“Beliau tadi menerangkan tetang keutamaan ilmu dan kunci sukses dalam mencari ilmu. Sebuah pesan strategis yang kita harap akan diamalkan oleh seluruh siswa siswi Khadijah. Bahwa kunci sukses menuntut ilmu ada enam sebagaimana beliau sampaikan. Dan tak cukup hanya itu, harus juga dikuatkan dengan kejujuran, integritas itu menjadi sesuatu yang tak boleh ditinggalkan,” tegas Khofifah.

Di akhir ia juga meminta doa pada Syeikh Fadhil agar seluruh siswa siswi sekolah Khadijah nanti dimanapun berada akan tetap menjadi pejuang Ahlussunnah wal jamaah dan menjadi pengikut Syeikh Abdul Qadir Jailani.

Konsolidasi PPP Songsong Pilkada 2024, Satu Komando Menangkan Bu Khofifah dan Bu Mun

0

JOMBANG, TelusuR.id – DPW PPP Jawa Timur menggelar konsolidasi dan sosialisasi yang bertajuk “Sinergitas Pemenangan Pilkada tahun 2o24” di ndhalem Ribath Lathifiyah 2 Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Rabu (17/07) malam.

Kegiatan itu dihadiri langsung Ketua Harian DPW PPP Jawa Timur KH Mujahid Ansori dan seluruh kader dan pengurus DPC PPP Kabupaten Jombang beserta badan otonomnya GPK, GMPI, AMK dan WPP.

Dalam sambutannya KH Mujahid Ansori menyatakan bahwa menjelang Pilkada 2024 seluruh kader hukumnya wajib memenangkan calon yang diusung dan didukung oleh partai.

“Seluruh kader satu komando dan satu barisan memenangkan calon bupati dan calon gubernur yang diusung oleh PPP,” kata Mujahid, Kamis (17/07) dalam keterangannya.

Ia menegaskan PPP telah memberikan dukungannya kepada Ibu Hj Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak dalam Pilgub Jatim 2024. Sedangkan Pilkada Jombang 2024 PPP mengusung Ibu Hj Mundjidah Wahab.

“Seluruh komponen bergerak mulai dari badan otonom pengurus partai hingga tingkat ranting,” ujar dia.

Sementara, Ketua DPW PPP Jawa Timur Hj Mundjidah Wahab mengatakan partai telah menugaskan beberapa kadernya dan sejumlah tokoh yang sudah berpasangan untuk maju dalam Pilkada 2024.

“Untuk Pilgub Jatim PPP memberikan rekomendasi kepada Ibu Khofifah dan Mas Emil. Untuk itu, seluruh kader hingga ranting wajib memenangkannya,” kata Bu Mun, sapaan akrabnya.

Bu Mun menegaskan pihaknya telah diberi tugas oleh partai kembali mencalonkan diri dalam Pilkada 2024. Untuk itu, ia meminta dukungan dan doa dalam melanjutkan kepemimpinannya di Kabupaten Jombang.

“Saat ini sudah ada 2 partai dan itu cukup modal kursi sebagai syarat maju dalam Pilkada 2024. Selain itu, komunikasi dengan partai lainnya juga dilakukan,” jelasnya.

Ia mengajak seluruh kader bahu membahu dalam meraih kemenangan Pilkada 2024. Mesin partai sudah bergerak dari ranting dan juga seluruh kekuatan banom partai baik AMK, GPK, WPP, GMPI dan juga diluar partai.

“Insyaallah kita banyak teman yang bergabung. Semoga perjuangan ini diberi kemudahan dan mendapatkan ridho Allah SWT. Diberi keberkahan dan pertolonganNYA,” tuturnya.

Warsubi Mendapat SK DPP PKS untuk Maju Cabup Jombang

0
H. Irwan Setiawan, Ketua DPW PKS Jatim menyerahkan SK DPP untuk pilkada Jombang kepada H. Warsubi. foto: istimewa.

SURABAYA, TelusuR.id – Banyak cara untuk mengabdi kepada negara, salah satunya dengan menjadi kepala dan berbuat sebaik-baiknya untuk kemaslahatan masyarakat. Hal ini yang disampaikan Warsubi, Calon Bupati Jombang setelah menerima Surat Keputusan (SK) dari DPP PKS pada Selasa 16 Juli 2024.

Warsubi menerima SK itu di Kantor DPW PKS Jawa Timur yang diserahkan langsung oleh Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan dengan didampingi beberapa pengurus PKS Jatim.

Dalam sambutannya usai menerima SK, Warsubi menyampaikan terima kasih dan rasa bangga kepada PKS, baik dari DPP, DPW maupun DPD PKS Kabupaten Jombang.

“Kami sangat bangga dengan PKS yang sudah beri amanah dan kepercayaan yang luar biasa. Kami akan perjuangkan sebaik-baiknya untuk mengabdi kepada masyarakat,” kata Warsubi, dalam keterangannya, Rabu (17/7/2024).

Ia juga menyampaikan keyakinannya, akan bisa banyak berbuat untuk masyarakat Jombang. “In syaa Allah kita akan berjuang bersama untuk memajukan Jombang,” katanya yang kemudian disambut tepuk tangan peserta yang hadir.

Irwan Setiawan, Ketua PKS Jatim senada dengan Warsubi. Menurutnya, pilkada adalah mementum krusial bagi masyarakat. Momen ikhtiar untuk memunculkan putra-putri terbaik menjadi pemimpin.

“Setelah melalui berbagai tahapan, kami meyakini Pak Warsubi bisa senantiasa menjaga integritas, kejujuran, memberi pelayanan pada masyarakat dan punya komitmen, ” kata pria yang akrab disapa Kang Irwan itu.

Irwan menjelaskan, ada beberapa pertimbangan PKS dalam memilih Cakada yang didukung, yaitu tokoh ini memiki integritas, kompetensi, dan komitmen, serta berpeluang menang,” kata pria 48 tahun tersebut.

Dalam memberikan SK, Irwan didampingi oleh Wakil Sekretaris Frimainto Utomo, dan Bendahara DPW PKS Jatim Lilik Hendarwati.

Hadir juga Ketua BPD 8 DPW PKS Jatim, Muhammad Nursalim, Ketua DPD PKS Kabupaten Jombang Didik Darmadi beserta jajaran BPH dan rombongan DPD PKS Kabupaten Jombang.

Audiensi dengan KPU Jatim, BEM UNIPRA Komitmen Ikut Sosialisasikan Pilkada Serentak 2024

0

SURABAYA, TelusuR.id – Pelaksanaan Pemilihan Kepala (Pilkada) serentak 2024 yang akan dilaksanakan 27 November 2024, menjadi perhatian Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas W.R Supratman (BEM UNIPRA) Surabaya. Mengingat pemilih pemula atau generasi Z belakangan ini diindikasikan sangat apatis dalam dunia .

Achmad Fawait Presiden Mahasiswa (Presma) BEM UNIPRA, menuturkan hari ini pihaknya melaksanakan audiensi di KPU Provinsi Jatim. Mereka diterima Nur Salam salah satu komisioner KPU Jatim Divisi Sosialisasi, , Pemilih dan Partisipasi, di kantor KPU Jatim, Jl. Raya Tenggilis No.1-3, Kendangsari, Surabaya.

“Alhamdulillah Audiensi dari BEM UNIPRA Surabaya disambut dengan baik oleh komisioner KPU Jatim,” kata Fawait, Selasa (16/7/2024).

Ia juga menjelaskan, audiensi kali ini sebagai langkah mahasiswa Unipra Surabaya untuk andil dalam mensukseskan pilkada serentak 2024 di Jawa Timur.

“Audensi antara BEM UNIPRA dan KPU Jatim, merupakan langkah untuk meningkatkan komunikasi dan kolaborasi dalam rangka mensukseskan pilkada serentak 2024,” jelasnya.

Fawait mengatakan, dari audensi ini mahasiswa Unipra menjadi paham terkait kinerja KPU Jatim dalam menghadapi Pilkada serentak pada tanggal 27 November 2024.

“Dengan adanya audensi ini, pengurus BEM UNIPRA memperoleh pemahaman lebih baik tentang peran dan tanggung jawab KPU Jatim, sebaliknya KPU Jatim dapat memperoleh masukan dari BEM UNIPRA terkait partisipasi pemilih pemula dalam Pilkada Serentak 2024,” tuturnya.

Sehingga, dari hasil audensi ini BEM Unipra siap membantu KPU Jatim dalam menyosialisasikan informasi terkait pelaksanaan pilkada serentak 2024 kepada mahasiswa dan masyarakat.

“Kami menghargai komitmen KPU dalam menyelenggarakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang adil, transparan, dan akuntabel,” ujarnya.

Sementara Nur Salam mengapresiasi BEM Unipra yang datang ke KPU Jatim dengan membawa segudang masukan untuk mensukseskan pilkada serentak di tahun 2024.

“Tentu penghargaan yang luar biasa, BEM Universitas WR Supratman hadir di KPU Jatim. Kami mengajak mahasiswa berperan dalam partisipasi pilkada 2024 di Jawa Timur,” ucapnya.

Nur salam yang biasa di panggil Cak salam ini mengajak seluruh mahasiswa di Jawa Timur untuk ikut aktif dalam proses penyelenggara pilkada di tahun ini.

“Banyak yang bisa di kembangkan selain kolaborasi kegiatan di KPU Jatim bersama dengan pihak mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Kongkritnya kami mengajak mereka bersama dalam sosialisasi kepada teman-teman yang lain,”imbuh Salam.

Ia juga sempat mengungkapkan bahwa saat ini pihak KPU tengah melaksanakan proses pencoklitan yang dilakukan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

“Tahapan sekarang pemutakhiran daftar pemilih sampai tanggal 24 Juli,” tutupnya.

Pilkada 2024, PKS Beri SK Cakada Mojokerto Untuk Ning Ita dan Ikfina

0

SURABAYA, TelusuR.id – Setelah beberapa tokoh mendapatkan SK untuk didukung menjadi Calon Kepala (Cakada), kali ini giliran Ika Puspitasari (Ning Ita) dan Ikfina Fahmawati yang menerima Surat Keputusan (SK) dari DPP PKS untuk maju menjadi Calon Bupati dan Wali Kota Mojokerto.

SK itu diserahkan langsung oleh Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan di Kantor DPW PKS Jawa Timur. Ika menerima SK itu pada Senin (15/7/2024), sementara Ikfina pada Selasa (16/7/2024). Ikfina hadir didampingi calon Wakil Bupati Mojokerto, Sa'dulloh Syarofi, atau Gus Dulloh, yang merupakan putra ulama kondang KH Husein Ilyas Kabupaten Mojokerto.

Pria yang akrab disapa Kang Irwan itu menyampaikan bahwa kedua tokoh yang terpilih untuk didukung menjadi Cakada Kabupaten dan Kota Mojokerto merupakan sosok yang bisa mengemban amanah untuk memperjuangkan kepentingan rakyat.

“Kami percaya dengan komitmen kedua tokoh ini. In syaa Allah kerja keras mereka bisa membawa perubahan positif yang bisa membawa kesejahteraan rakyat. Ini sudha terbukti saat keduanya menjabat jadi bupati dan walikota Mojokerto,” kata Kang Irwan.

Karenanya, dalam kesempatan yang sama, Irwan meminta DPD PKS Kabupaten dan Kota Mojokerto untuk merapatkan barisan untuk memenangkan Ning Ita dan Ikfina.

“PKS juga akan mengajak masyarakat untuk terus berpartisipasi dalam perhelatan Pilkada ini. Momen pemilihan kepala daerah adalah hal krusial bagi masyarakat,” tegasnya.

Menanggapi Irwan, Ning Ita di hadapan pengurus PKS Jatim menyampaikan bahwa ada kesamaan harapan antara dirinya dan PKS, yaitu dalam rangka mewujudkan kemaslahatan masyarakat Kota Mojokerto.

“Mohon supportnya agar kami bisa tetap menjaga niat dan tetap dalam rel, untuk mewujudkan dan mensukseskan apa yang dicita-citakan,” katanya.

Sementara Ikfina, dalam pertemuan pemberian SK itu menyampaikan siap kembali berjuang Kabupaten Mojokerto.

“Sebagai Bupati Mojokerto, in syaa Allah kami berusaha melaksanakan sebaik-baiknya. Berbagai potensi yang ada, in syaa Allah ditujukan untuk kemanfaatan masyarakat Mojokerto. Bismillah, kami siap berjuang,” tegasnya.

Dalam pertemuan pemberian SK kepada dua tokoh ini, Irwan ditemani oleh Sekretaris, Wakil Sekretaris, Bendahara, Ketua Bidang BP3 DPW PKS Jawa Timur Ahmadi, Frimainto Utomo, Lilik Hendarwati, dan Mashuri.Sementara pengurus PKS Jatim ditemani oleh Pengurus DPD PKS Kabupaten dan Kota Mojokerto.

Partai Kakbah Tugaskan Santri Jadi Calon Bupati Jember

0
Gus Fawait menerima surat tugas DPP PPP sebagai Calon Bupati Jember yang diserahkan Sekretaris DPW PPP Jatim, Habib Salim Qurays di kantor DPP PPP. foto: istimewa.

SURABAYA, TelusuR.id – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang dikenal sebagai Partai Kakbah menugaskan seorang santri sebagai Calon Bupati Jember di Pilkada 2024. Surat tugas dari DPP PPP itu diberikan kepada Gus Muhammad Fawait, politikus muda berlatar santri.

Gus Fawait mengaku bangga mendapat surat tugas untuk maju sebagai Calon Bupati Jember. Alasannya, PPP adalah salah satu partai tertua dan berlatar santri dan pesantren sebagaimana dirinya.

“Alhamdulillah, saya dipercaya oleh partai yang berlatar santri. Sebab, selama ini di Jember belum ada bupati yang berlatar santri. Insya allah, Bupati Jember nanti adalah santri dan anak muda,” kata Gus Fawait, Ahad (14/7/2024).

Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Jatim ini mengaku bangga karena PPP mempercayai dirinya yang merupakan kader partai untuk menjadi kepala . Sebab partai adalah kawah candra dimuka pengkaderan di dunia .

Karena itu lanjutnya, sudah sepantasnya partai memberi kesempatan kepada figur yang berproses di parpol. Dengan begitu, kaderisasi kepemimpinan berjalan dengan baik.

“Pilkada adalah sebuah proses politik untuk memilih kepala daerah. Saya bangga PPP memberi kepercayaan kepada saya sebagai orang yang berproses di partai politik,” ujar Gus Fawait.

Tokoh Nahdliyin Inspiratif versi Forkom Jurnalis Nahdliyin itu mengatakan surat tugasnya diumumkan oleh Plt Ketua Umum PPP, H. Mardiono di DPP PPP pada Jumat 12 Juli 2024, bersamaan dengan Bu Khofifah sebagai Calon Gubernur Jawa Timur. Namun penyerahan surat tugas dilaksanakan pada Sabtu 13 Juli 2024 oleh Sekretaris Wilayah PPP Jatim, Habib Salim Qurays.

Gus Fawait menjelaskan, surat tugas dari DPP PPP akan berubah menjadi rekomendasi setelah ia mendapatkan Calon Wakil Bupati Jember. Hal itu pun berlaku terhadap sejumlah partai yang telah memberikan surat tugas kepada dirinya.

“Insya Allah, surat tugas ini akan segera menjadi rekom resmi, setelah kami menentukan pasangan Calon Wakil Bupati,” terang Bendahara GP Ansor Jatim tersebut.

PKS Jatim Serahkan SK DPP untuk Cak Eri dan Mas Dhito

0
Kang Irwan menyerahkan SK DPP PKS kepada Eri Cahyadi sebagai Calon Wali Kota Surabaya 2025-2030 di kantor DPW PKS Jatim. foto: pks for fjn.

SURABAYA, TelusuR.id – Setelah beberapa waktu lalu, DPP PKS menerbitkan SK untuk mendukung Gus Haris dan Gus Fawait untuk didukung menjadi Bupati Probolinggo dan Jember. Kali ini Surat Keputusan (SK) dari DPP PKS kembali turun untuk dua tokoh yang akan didukung maju menjadi Calon Kepala (Cakada) Surabaya dan Kediri.

Dalam SK yang sudah terbit itu, untuk Surabaya, PKS akan mendukung Eri Cahyadi untuk kembali maju menjadi Wali Kota Surabaya. Sementara di Kediri, DPP PKS memberi SK untuk mendukung Hanindhito Himawan Pramono untuk maju menjadi Bupati Kediri.

SK dari DPP PKS diserahkan langsung kepada Eri Cahyadi dengan didampingi Ketua DPD Kota Surabaya Johari Mustawan di kantor DPTW PKS Jawa Timur, pada Jumat 12 Juli 2024.

Di hari yang sama dan tempat yang sama, SK juga diberikan langsung kepada Hanindhito Himawan Pramono yang juga didampingi Ketua DPD PKS Kabupaten Kediri, Marendra Darwis.

Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan menyampaikan bahwa
pemilihan kepala daerah adalah momen yang sangat krusial bagi masa depan daerah.

Karena itu, menurutnya PKS harus memastikan bahwa calon yang akan diusung adalah calon yang memiliki integritas, kompetensi, dan komitmen kuat untuk membawa perubahan positif bagi masyarakat serta berpeluang menang dalam pilkada serentak tahun 2024 ini.

Dalam pertemuan itu, Irwan menyampaikan kesiapan Eri dan Dhito sebagai Calon Kepala daerah yang diusung PKS untuk senantiasa menjaga beberapa hal.

Pertama, kedua tokoh yang baru mendapatkan SK menyatakan siap menjaga integritas dan kejujuran..

Kedua, siap untuk terus memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ketiga, siap menjaga transparansi dan akuntabilitas. Keempat, siap berkomitmen untuk kesejahteraan masyarakat. Kelima siap menguatkan kerja sama dan sinergi dan keenam, siap menjadi pemimpin yang Inspiratif.

“Kami percaya bahwa dengan komitmen dan kerja keras, dapat membawa perubahan positif dan mewujudkan harapan masyarakat. PKS akan selalu mendukung dan bekerja bersama dalam setiap langkah perjuangan ini,” kata Kang Irwan, dalam keterangannya, Ahad (14/7/2024).

Irwan kemudian juga menyampaikan rasa bangganya atas kerja keras dan dedikasi seluruh pengurus DPD dan amggota dalam mempersiapkan proses penjaringan dan penyaringan calon kepala daerah yang akan diusung oleh PKS ini.

“Terima kasih, ini bagian dari ikhtiar untuk memunculkan pemimpin terbaik, khususnya di Jawa TImur,” pungkas Irwan.