31 Tahun Pengusaha non Muslim Berbagi Sembako, Jaga Persaudaraan

Bagikan :

JOMBANG, TelusuR.id – Pengusaha non Muslim Chandra Irwanto atau Ie Chieng (69) asal Kelurahan Kaliwungu, Kecamatan/Kabupaten Jombang membagikan paket sembako kepada masyarakat sekitar di bulan Ramadhan, tepatnya di hari ke 25.

Pembagian paket sembako berupa beras 3 Kg, minyak goreng, gula, dan tepung terigu tersebut digelar di halaman rumahnya. Nampak, warga tertib dalam antrean yang dijaga oleh Babinsa, Bhabinkamtibmas dan perangkat Kelurahan Kaliwungu.

Bacaan Lainnya

“Pembagian paket sembako ini tidak ada motif apapun. Sebanyak 600 paket yang disediakan dan semua ini untuk cinta kasih kepada sesama suadara di Kelurahan Kaliwungu,” kata Ie Chieng, Jumat (05/04).

Pengusaha minyak goreng ini menegaskan bahwa pemberian sembako merupakan hadiah atau sedekah dari kami untuk menjaga persaudaraan cinta kasih, bertoleransi dan atas dasar kemanusiaan semata.

“Kami seduluran tidak memandang suku, ras, agama apapun. Kita semua seduluran atau bersaudara,” ujar Ie Chieng.

Tradisi berbagi sembako, lanjut Ie Chieng, sudah berjalan selama kurang lebih 31 Tahun semenjak dimulai tahun 1993. Adapun sembako yang dibagikan tahun ini sebanyak 600 paket yang disalurkan ke warga, Panti Asuhan dan Yayasan Griya Cinta Kasih yang merawat ODGJ (Orang dengan gangguan jiwa).

Dia berharap bantuan sembako ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Dan tidak menilai barang yang telah disalurkannya tersebut. Namun yang terpenting adalah nilai persaudaraan yang terjaga dengan harmoni.

Dalam pembagian sembako itu, Ie Chieng meminta para lansia baris paling depan. Sehingga tidak menyulitkan antrean dan setelah para lansia mendapat bagian sembako itu langsung bisa pulang kembali kerumahnya.

Karomah (73) salah satu penerima paket sembako mengatakan bahwa dirinya sepanjang tahun mesti menerima paket sembako yang dibagikan oleh Ie Chieng tersebut. Bahkan, dirinya pernah dibantu merenovasi rumahnya.

“Setiap tahun, saya selalu dapat sembako dari Ie Chieng. Ini bermanfaat bagi saya untuk kebutuhan lebaran nantinya. Pernah juga saya dibantur membangun rumah,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan