Wakil Ketua DPRD Jombang Di Dapuk Bacakan Ikrar, Dalam Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Bagikan :

JOMBANG, TelusuR.ID – Pada Moment Tanggal 1 Oktober Bangsa Indonesia Memperingati tanggal tersebut sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Di Kabupaten Jombang, Peringatan itu digelar di lapangan Pemkab Jombang pada Minggu (01/10) pagi.

Hari Kesaktian Pancasila sekali lagi mengingatkan kita bahwa Pancasila merupakan pemersatu bangsa. Ini sejalan dengan tema Hari Kesaktian Pancasila tahun ini “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju. cita-cita Indonesia Emas pada 2045 mendatang bisa dimulai dari sekarang dengan meneladani nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila. Hal ini karena Pancasila merupakan paket lengkap untuk melawan berbagai ancaman yang dapat merusak kesatuan dan memperlambat kemajuan suatu bangsa.

Bacaan Lainnya

Wakil Ketua DPRD Jombang, Farid Al Farisi pada kesempatan ini di dapuk membacakan teks Ikrar Janji kesetiaan terhadap Pancasila. Selaku Inspektur Upacara dipimpin oleh Sekdakkab Agus Purnomo yang juga membacakan teks Pancasila yang diikuti peserta upacara.

Usai Pembacaan Teks UUD 1945, yang dibacakan oleh Petugas dari TNI, dilanjutkan pembacaan Ikrar atas nama Puan Maharani Ketua DPR RI yang dibacakan langsung oleh Wakil Ketua DPRD Jombang Farid Al Farisi.

“Ikrar, dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara.

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Maka dihadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucap Farid Al Farisi.

Wakil Ketua DPRD Jombang mengungkapkan bahwa Ideologi Pancasila adalah pondasi bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan global. Sebagaimana yang tertuang dan yang dicitakan oleh para pahlawan pendiri bangsa Indonesia dan rakyatnya yang telah berjuang dalam Kemerdekaan Indonesia.

“Sebagaimana isi Ikrar bahwa kita harus kuat dalam persatuan dan kesatuan, menjaga Republik Indonesia ditengah berbagai tantangan dan situasi, kita tidak boleh lengah. Kita amalkan bersama-sama, menguatkan dan berkomitmen pada ideologi Pancasila. Pancasila sumber kekuatan merajut kebersamaan, berkolaborasi, bersinergi. Pancasila Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Maju,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan