MAN 1 Jombang Sabet Penghargaan Bergengsi, Dari Level ITS Hingga Kelas Dunia

0
91 views
Bagikan :

JOMBANG, TelusuR.ID      –      Dua scientis muda asal MAN 1 Jombang menggores prestasi besar. Tidak hanya membuat harum dan mendongkrak gengsi Kota Santri, torehan besar itu juga membuat nama Indonesia tercatat di panggung scientis internasional.

Dua siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 Jombang yang sudah berhasil menerobos sekat dunia itu adalah Iyyaka Qilaa Qolbiy (XI MIPA 5) dan Eka Destyana Sari (XII MIPA 3). Keduanya berhasil menyabet “Community Innovation Award” persembahan Regeneron Internasional Science Engineering Fair (ISEF) 2023.

Taklimat terajuk pada sertifikat tertanggal 10 Mei 2023 yang ditandatangani President dan CEO Maya Ajmera, serta Science For Diretur Society For Science R. Athur Ario Lelono. Kedua siswi MAN 1 Jombang tersebut berhak atas reward sebesar 500$.

“The Relation Between Suleten Myth and Diaper Diaposal Behavior in The Brantas Watershed: A Social Ecological Aproach” adalah karya yang menghantar 2 scientis muda MAN I Jombang menjadi The Winner pada fair yang berbasis di Washington DC, USA.

“Dari semua karya sains yang didelegasikan BRIN tahun ini, karya mereka berdua yang berhasil menyabet award, “tutur Aris Mia, Wakamad Bidang Kesiswaan MAN 1 Jombang dengan nada haru bahagia.

Menanggapi prestasi besar oleh anak didiknya yang sudah mengharumkan nama Kota Santri itu, Kepala MAN 1 Jombang Erma Rahmawati memilih bersikap diplomatis. “Ikhtiar adalah kewajiban. Sukses bukan urusan kita, tetapi bonus dari Yang Maha Kuasa, “ucapnya.

Juara di Ajang ITS Surabaya

Dua tim KTI Madrasah Aliyah yang eksis berinovasi diberbagai lini ini sukses merebut tropy juara lomba kepenulisan ilmiah gelaran Badan Ekskutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) Institut Tehnologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Minggu (10/9/2023).

Tim Duo Wek-Wek yang terdiri atas Nasywa Zakila Putri Raya dan Zazkia Amanda Ryan (keduanya XI-I) berhasil menyabet juara 3. Sementara tim se almamater mereka, yaitu tim Limits yang terdiri atas Evalia Dwi Kusumawati (XII MIPA 1) dan Yoe Cindy Maharani (XII MIPA 6) mendapat Best Poster.

“Pada presentasi grand final kemari ada 7 peserta. Kami tiga tim yang maju, dan alhamdulillah dapat 2 penghargaan sekaligus. Kerjasama dan saling melengkapi dalam tim yang menjadi semamgat kami sehingga raihan ini bisa kami capai, “tutur Sayyidah JR, pembina KTI MAN 1 Jombang.

Kedua tim sukses meraih penghargaan berkat karya scientific bertitel:

1. Analisis Potensi DYE SENSITIZED SOLAR CELLS (DSSC) Terminal Catappa dan Rivina Humilis menggunakan uji FTIR dan variasi pH- Tim Duo Wek Wek.

2. Efektifitas Alat Filtrasi Effluent Instalasi Teraktivasi Zeolit Abu Vulkanik Semeru dan Arang Aktif Sabut Kelapa Sebagai Pengolahan Air Limbah Tahu – Tim Limit. (Isn).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini