Alumni Kapal Undip Geruduk Surabaya, Seminar Nasional, Munas, Hingga Reuni

Bagikan :

SURABAYA, TelusuR.ID – Sekitar 300 alumni Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang akan menggeruduk Kota Surabaya. Alumni yang tergabung dalam Ikatan Alumni Teknik Perkapalan Undip ini menggelar seminar nasional, musyawarah nasional, dan reuni di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, 30 September 2023 mendatang.

Dijadwalkan, Gubernur Jawa Timur yang juga Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Airlangga Surabaya (IKA Unair), Khofifah Indar Parawansa hadir dan mengisi seminar nasional bertema “Prospek Kebutuhan Armada Kapal di Indonesia kedepan untuk Kebangkitan dan Kemajuan Industri Maritim Nasional”.

Keseluruhan agenda bertajuk “Geruduk Surabaya” ini sengaja diselenggarakan di Surabaya. “Surabaya ini memiliki industri perkapalan kelas dunia. Banyak juga alumni kami yang bekerja di galangan dan industri perkapalan di Jawa Timur, khususnya Surabaya,” kata Andhi Prasetyo, Ketua Pelaksana Munas IV Ika Kapal Undip, Jumat (8/9/2023).

Andhi mengungkapkan, seperti diketahui, poros maritim dunia merupakan kebijakan yang dicanangkan Presiden Jokowi pada 13 November 2014 dalam Forum East Asian Summit ke- 9. Terdapat lima pilar dalam mengelaborasi poros maritim dunia, yaitu Budaya Maritim, Ekonomi Maritim, Konektivitas Maritim, Diplomasi Maritim, dan Keamanan Maritim.

“Jelas sekali, Indonesia ingin menjadi poros maritim dunia. Ada keinginan kuat menjadikan menjadikan Indonesia sebagai negara maritim yang besar, kuat, dan makmur melalui pengembalian identitas Indonesia sebagai bangsa maritim,” tambahnya.

Dalam konteks inilah, Ika Kapal Undip ingin memberikan sumbangan pemikiran agar tujuan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia dapat diwujudkan.

“Alumni dengan jejaring sosialnya dapat ikut serta meningkatkan kualitas lulusan sumber daya manusia perkapalan yang dapat menunjang kontribusi Undip dalam membangun industri maritim, khususnya perkapalan, di Indonesia maupun di dunia internasional,” lanjut pria yang akrab disapa Andhi Prast ini.

Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si bakal menjadi keynote speaker bersama Ketua Tim Kerja Industri Maritim kementrian Perindustrian Andi Komara, ST, MBA.

Seminar akan membahas “Proyeksi Kebutuhan Alutsista Kapal Perang Nasional (KRI)” yang akan di sampaikan oleh Staf Ahli KKIP Bidang Pertahanan Laut Laksda TNI (Purn) Dr. Mulyadi, S.Pi, M.A.P., IPU, ASEAN.Eng, “Proyeksi Kebutuhan Armada Kapal serta peran PT. PIS dalam perencanaan berkelanjutan & ESG oleh ” Direktur Armada PT Pertamina International Shipping (PIS) Muhammad Irfan Zainul Fikri , serta “Transformasi Industri Maritim 4.0 dalam Kesiapan Pembangunan Kapal Nasional” oleh Direktur Utama PT PAL Indonesia Dr. Kaharuddin Djenod, M. Eng.

Seminar tersebut akan di hadiri seluruh alumni dan tamu undangan dari anggota Iperindo, Insa, Kampus perkapalan seluruh Jawa Timur dan Instansi pemerintahan terkait.

Usai seminar nasional, agenda “Geruduk Surabaya” akan dilanjutkan dengan musyawarah nasional ke IV, salah satunya pemilihan pengurus baru. Saat ini, panitia pelaksana sudah melakukan penjaringan bakal calon ketua umum.

“Respon luar biasa. Sudah banyak kandidat yang muncul dari seluruh Indonesia. Bahkan, alumni yang domisili di luar negeri pun ikut mengisi formulir kesediaan menjadi pengurus,” aku Teguh Winarno, yang dipercaya menjadi tim penjaringan bakal calon pengurus.

Bisa dipastikan, suasana Munas akan memanas dengan hadirnya banyak kandidat. Beberapa kandidat yang sudah menyatakan bakal maju antara lain Tri Puji Sudarmakno (Principle Engineer McDermott Middle East Dubai), Kukuh Wardana (Direktur PT Medko Aram Energi), Teguh Winarno (Direktur PT Tangguh Wahana Solution), Lilian Faisol (Manager Area PT Gemilang Group), Busrol Karim (SM Sistem Manajemen Korporat ID Survey), David Ali (Owner PT Mulia Safety Marine Service), Andhi Prasetyo (Marine Senior Surveyor Lloyd’s Register Asia), Akhmad Dwi Hertanto (Manager Pengadaan, SDM & Umum BOD-2 PT DKB Persero), dan Multazam (Owner PT DOK Pontianak).

“Penjaringan masih berlangsung. Saya yakin masih banyak alumni yang berminat menjadi pengurus,” lanjut Teguh Win.

Meskipun diperkirakan akan memanas namun Teguh Win memastikan, tidak akan mengakibatkan dampak negatif.

“Justru akan berdampak positif karena makin banyak alumni yang bersedia menjadi pengurus. Siapapun ketua umumnya, semua kandidat yang telah mendaftar sudah sepakat bersedia menjadi bagian dari pengurus pusat,” tegas Teguh Win.

Ketua Umum DPP Ika Kapal Undip Ari Wicaksono menyambut gembira antusiasme ini.

“Ini munas luar biasa. Panitia menyiapkan transportasi dan akomodasi dengan sangat baik. Seluruh alumni yang akan hadir mulai dari Sorong, Makassar, Samarinda, Pontianak, Banjarmasin, Lampung bahkan dari Riau dan Medan selain yang dari kota di pulau Jawa mereka akan berangkat bersama dari Cilegon, Jakarta, Semarang, dan kota lain dengan bus dan kereta api. Mereka juga akan pulang bersama. Ini sangat membanggakan, apalagi banyak alumni yang bersedia menjadi pengurus,” ujar Ari, yang kabarnya juga akan kembali mencalonkan diri.

Rencananya, seluruh agenda ini juga akan dihadiri Ketua Umum DPP IKA Undip Abdul Kadir Karding.

“Kami sudah mendapatkan kepastian kehadiran Mas Karding. Beberapa pengurus DPP IKA Undip dan DPD IKA Undip Jatim juga sudah menyatakan bakal hadir,” tandas Andhi Prasetyo seraya menambahkan, seluruh rangkaian acara akan ditutup dengan temu kangen.

Tinggalkan Balasan