Bising dan Macet, Penasehat YRKI Jatim Minta Maaf kepada Warga Surabaya

puluhan ribu Kingers hadir dalam Jambore III YRKI Jawa Timur di Pagoda Tian Ti, Kenjeran. Kegiatan itu juga diisi dengan pemberian apresiasi kepada para veteran. foto : istimewa.
Bagikan :

SURABAYA, TelusuR.ID – Akhir pekan lalu, puluhan ribu Kingers atau penggemar sepeda motor Yamaha RX King memadati ruas-ruas jalan di kota Surabaya. Perkumpulan Yamaha RX King Indonesia (YRKI) Jawa Timur menggelar Jambore III pada 8 – 9 Juli di Pagoda Tian Ti di kawasan Kenjeran Park Surabaya.

Deni Prasetya, Penasehat YRKI Jatim mengungkapkan estimasi Kingers yang hadir ada sekitar 20.000 orang. Padahal estimasi awal hanya sekitar 2.500 orang. Membludaknya para Kingers itu sempat membuat macet dan bising sejumlah ruas jalan di kota Surabaya.

“Atas kemacetan dan kebisingan yang terjadi saat pelaksanaan jambore, kami haturkan permintaan maaf kepada warga kota Surabaya. Kami juga berterima kasih kepada Pemkot Surabaya atas dukungannya dalam Jambore YRKI III di Kenjeran Park,” kata Deni, Selasa (11/7/2023).

Deni menyampaikan, banyak pula sisi positif yang terjadi selama pelaksanaan Jambore YRKI di Surabaya. Diantaranya, tingkat hunian hotel di Surabaya sangat tinggi. Sebab, meski panitia menyiapkan tenda untuk peserta jambore, tapi banyak yang memilih menginap di hotel.

Ia melanjutkan, belum lagi rumah makan dan usaha kuliner yang ada di Kenjeran dan seputaran Kota Surabaya. Semuanya penuh oleh peserta jambore yang malaksanakan wisata kuliner. Tentunya para peserta yang datang membelanjakan uangnya di Surabaya.

“Perputaran uang selama pelaksanaan jambore cukup tinggi. Itu bisa dilihat dari tingginya tingkat hunian hotel dan penuhnya rumah makan. Ini sisi positif yang berasal dari peserta Jambore,” ujar anggota DPRD Jatim itu.

Kader muda GP Ansor Jatim asal Kencong ini mengatakan, meski Jambore YRKI ini tingkat Jawa Timur, tapi banyak peserta dari seluruh nusantara juga hadir. Untuk pengurus, tercatat ada Ketua Bro Heroe (LAKCY), Sekretaris Bro Indra COKS, Bendahara Bro Anang (ROCK). Sebanyak 41 Club RX king yg ada di Jatim masuk di anggota YRKI Jatim.

Deni menambahkan, sejumlah artis juga tampil menghibur peserta jambore. Mulai band Power Metal, Cak Sodiq, New Monata, dan sejumlah penyanyi dangdut asal Jatim. Deni melanjutkan, di sela-sela agenda Jambore, pihaknya juga melakukan ziarah dan tabur bunga di makam Pahlawan.

“Kami juga sowan kepada para veteran perang kemerdekaan dan memberi bingkisan. Ini sebagai bentuk terima kasih kami atas perjuangan mereka sehingga hari ini kita bisa menikmati kemerdekaan,” pungkas anggota Parlemen Jatim asal Dapil Jember dan Lumajang tersebut.

Tinggalkan Balasan