Anggota KKD Jombang Digembleng Tingkatkan Kualitas Informasi Digital

0
86 views
Bagikan :

JOMBANG, TelusuR.ID – Komite Komunikasi Digital (KKD) Kabupaten Jombang telah menyelenggarakan pelatihan penangkalan informasi hoaks dengan menghadirkan Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) sebagai pemateri.

Acara tersebut berlangsung di aula Dinas Komunikasi dan Informatikan (Diskominfo) Jombang pada hari Selasa  (6/6/2023) dan diikuti oleh anggota KKD Kabupaten Jombang serta para pemangku kepentingan terkait.

Mafindo, sebagai lembaga yang fokus pada penanggulangan dan pencegahan penyebaran informasi hoaks, memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam hal ini.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota KKD Kabupaten Jombang dalam mengidentifikasi, menangkal, dan menyebarkan informasi yang akurat serta terpercaya kepada masyarakat.

Dalam sesi pelatihan dipimpin oleh Wahyu sebagai Koordinator Mafindo Wilayah Jombang, membagikan berbagai strategi dan metode dalam mengenali dan menanggapi informasi hoaks.

Peserta pelatihan diberikan pengetahuan tentang teknik verifikasi fakta, penggunaan sumber-sumber informasi yang terpercaya, serta pentingnya memeriksa keaslian dan konteks sebuah informasi sebelum disebarkan.

Ketua Harian KKD Jombang, Nur Kholis, menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat penting mengingat peran penting KKD dalam memastikan informasi yang disampaikan kepada masyarakat adalah akurat dan tidak menyesatkan.

“Saya berharap agar anggota KKD dapat mengaplikasikan pengetahuan yang didapatkan dalam menjalankan tugas mereka sebagai agen penyebar informasi yang bertanggung jawab di era digital saat ini,” ungkap Nur Kholis.

Selain itu, Nur Kholis juga menekankan pentingnya kolaborasi antara KKD dan Mafindo dalam upaya pencegahan penyebaran informasi hoaks.

“Ayo semua pihak saling mendukung terkait penangkalan hoaks, terutama media sosial dan platform digital, untuk bersama-sama memerangi hoaks dan menyebarkan informasi yang akurat serta bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Direktur Perusahaan Media Cetak dan Online di Jombang tersebut.

Pelatihan ini menjadi langkah awal dalam peningkatan kapabilitas KKD Kabupaten Jombang dalam menghadapi tantangan informasi hoaks. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang penangkalan hoaks, diharapkan KKD dapat berperan aktif dalam menjaga keberlangsungan komunikasi digital yang sehat dan bertanggung jawab di Kabupaten Jombang.

Dalam mengakhiri pelatihan, KKD Kabupaten Jombang mengucapkan terima kasih kepada Mafindo dan pemateri yang telah berbagi pengetahuan dan pengalaman.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama dengan Mafindo serta pihak-pihak terkait dalam upaya memerangi hoaks dan mendorong informasi yang berkualitas dan akurat kepada masyarakat,” pungkasnya

Tinggalkan Balasan