Punya Modal Sosial di Tulungagung, HT Berpeluang Melenggang ke Senayan

0
79 views
caption : H. Dr. Heru Tjahjono, mantan Sekdaprov Jatim, Bacaleg DPR RI. foto : istimewa.
Bagikan :

SURABAYA, TelusuR.ID – Partai peserta pemilu 2024 telah menyerahkan berkas bakal calon anggota legislatif ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Salah satu nama populer yang maju sebagai calon anggota parlemen adalah Heru Tjahjono atau HT, mantan Sekretaris Provinsi Jawa Timur.

HT maju sebagai bakal caleg dari Partai Golkar untuk daerah pemilihan (Dapil) Jatim VI yang terdiri dari Kabupaten/Kota Blitar, Kabupaten/Kota Kediri dan Kabupaten Tulungagung. Heru dinilai punya potensi melenggang ke Senayan, karena punya modal sosial di Tulungagung.

“Tentu Pak Heru punya peluang untuk lolos ke Senayan, karena beliau pernah dua periode menjabat sebagai Bupati Tulungagung. Itu modal sosial buat beliau,” kata pengamat politik Surabaya Survey Center (SSC), Surokim Abdus Salam, Ahad (28/5/2023).

Wakil Rektor III Universitas Trunojoyo Madura ini mengatakan sepuluh tahun memimpin Kabupaten Tulungagung, pasti Heru punya memorabilia yang kuat bagi warga Tulungagung. Tinggal bagaimana mengkapitalisasi modal sosial itu menjadi modal electorald.

Surokim melanjutkan, Heru juga harus banyak turun ke bawah, menyapa masyarakat. Hal itu penting untuk memperkenalkan diri sebagai calon wakil rakyat di Dapil VI.

“Meski Pak Heru sudah punya memorabilia di masyarakat, tapi tetap harus membangun jaringan dan menyapa masyarakat di bawah. Tidak hanya di Tulungagung, tapi juga di Blitar dan Kediri,” urainya.

Surokim mengingatkan, Dapil Jatim VI ini memang persaingannya ketat dan didominasi oleh calon incumbent. Dari 9 slot kursi parlemen yang ada, PDI Perjuangan (3 kursi) dan PKB (2 kursi), sangat mendominasi. Sementara sisanya, Partai Golkar, Gerindra, NasDem dan PAN, masing-masing 1 kursi.

Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif Jatim 2021 versi Forkom Jurnalis Nahdliyin ini menambahkan, meski tidak mudah, tapi dengan strategi yang tepat, sangat mungkin Heru bisa meraih satu dari sembilan kursi yang ada di dapil VI. Bahkan dengan penataan yang baik, Heru tidak perlu saling ‘membunuh' dengan Sarmuji yang merupakan incumbent.

“Dengan kolaborasi yang baik dengan Pak Sarmuji. Justru Golkar bisa mendapatkan dua kursi di Dapil VI. Tinggal bagaimana pola dan implementasinya,” pungkas Surokim.

Untuk diketahui sembilan bakal caleg incumbent dari Dapil VI dipastikan kembali maju pada Dapil yang sama. Mereka adalah, ANGGIA ERMA RINI dan
H. AN'IM FALACHUDDIN MAHRUS dari PKB.

Kemudian, Ir. ENDRO HERMONO dari Partai Gerindra. Lalu ada, M. GURUH IRIANTO SUKARNO PUTRA, H. ARTERIA DAHLAN, S.T., S.H., M.H. dan Dra. SRI RAHAYU dari PDI Perjuangan.

Berikutnya, M. SARMUJI, SE., M.Si dari Partai Golkar, NURHADI, S.Pd dari Partai NasDem, serta Ir. H. AHMAD RIZKI SADIG, M.Si dari Partai Amanat . (*)

Tinggalkan Balasan